Bitcoin dan Crypto: Naik Turun Harga Mengguncang Pasar

Bitcoin dan Crypto: Naik Turun Harga Mengguncang Pasar

Pasar crypto mengalami pasang surut yang dramatis dalam 24 jam terakhir. Bitcoin, mata uang crypto terbesar di dunia, mengalami fluktuasi harga yang tajam, namun pada akhirnya berhasil ditutup menguat. Di sisi lain, pasar berjangka crypto dilanda likuidasi besar-besaran, dengan nilai kontrak yang dilikuidasi mencapai lebih dari $700 juta.

Pasar Berjangka Crypto Dilanda Badai Likuidasi

Menurut data dari CoinGlass, pasar berjangka crypto telah menyaksikan likuidasi kontrak senilai lebih dari $700 juta dalam 24 jam terakhir. Hal ini disebabkan oleh pergerakan harga Bitcoin yang tidak menentu, yang memicu aksi jual besar-besaran dari para trader yang menggunakan leverage.

Baca Juga: Web3 Kehilangan Lebih dari $200 Juta Akibat Peretasan di Awal Tahun 2024, Apa yang Terjadi?

Likuidasi massal ini berdampak pada seluruh pasar crypto, dengan banyak altcoin yang juga mengalami penurunan harga. Ethereum (ETH), mata uang crypto terbesar kedua, turun sekitar 5% dalam 24 jam terakhir. Ripple (XRP) dan Cardano (ADA) juga mengalami penurunan harga yang signifikan.

Bitcoin Bertahan di Atas $62.000

Bitcoin Bertahan di Atas $62.000
BTCUSD on TradingView

Di tengah volatilitas pasar crypto, Bitcoin berhasil bertahan di atas level $62.000. Mata uang crypto ini sempat menyentuh level tertinggi $64.000 pada akhir Februari, namun kemudian mengalami koreksi.

Analis memperkirakan bahwa Bitcoin akan terus bergerak dalam kisaran $60.000 hingga $65.000 dalam beberapa minggu mendatang. Namun, jika harga Bitcoin berhasil menembus level $65.000, maka bukan tidak mungkin mata uang crypto ini akan kembali menguji level tertinggi sepanjang masa di $69.000.

Altcoin Menunjukkan Kinerja yang Bervariasi

Selain Bitcoin, altcoin juga menunjukkan kinerja yang bervariasi dalam 24 jam terakhir. Ethereum (ETH) turun sekitar 5%, sementara Ripple (XRP) dan Cardano (ADA) masing-masing turun sekitar 7% dan 10%.

Namun, ada juga beberapa altcoin yang berhasil mencatat kenaikan harga yang signifikan. Dogecoin (DOGE) naik sekitar 15%, sementara Shiba Inu (SHIB) naik sekitar 20%. Kenaikan harga kedua altcoin ini didorong oleh sentimen positif dari komunitas media sosial.

Pasar Crypto Masih Menarik

Meskipun mengalami volatilitas yang tinggi, pasar crypto masih menarik bagi para investor. Hal ini disebabkan oleh potensi keuntungan yang besar yang ditawarkan oleh mata uang crypto. Namun, investor harus tetap berhati-hati dalam berinvestasi di mata uang crypto. Pasar crypto masih sangat fluktuatif, sehingga harga mata uang crypto dapat berubah secara drastis dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Cardano: Sanggupkah Mengikuti Jejak Ethereum?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi