Bitcoin dan Altcoin Terus Meroket, Akankah Bertahan?

Bitcoin dan Altcoin Terus Meroket, Akankah Bertahan?

Pasar mata uang crypto sedang bergejolak dengan Bitcoin (BTC) yang terus mencatatkan rekor tertinggi baru. Pada 11 Maret, BTC menembus level $70.000, menandakan permintaan yang kuat dari para pedagang. Kepala investasi Bitwise, Matt Hougan, mengatakan dalam sebuah memo kepada investor bahwa investor profesional sedang menunggu untuk membeli Bitcoin exchange-traded funds (ETF).

Namun, hal itu tidak menahan permintaan akan Bitcoin ETF. Menurut data dari Dune, Bitcoin ETF spot telah mengakumulasi 4,06% dari pasokan Bitcoin saat ini. Jika pembelian terus berlanjut pada tingkat yang sama, kepemilikan Bitcoin dari ETF diproyeksikan mencapai 8,65% dari pasokan Bitcoin setiap tahun.

Pendiri dan chairman MicroStrategy, Michael Saylor, mengatakan dalam sebuah posting bahwa perusahaan telah membeli 12.000 Bitcoin dengan harga rata-rata $68.477, menggunakan hasil dari penawaran obligasi konversi senilai $800 juta yang baru saja selesai. Setelah pembelian terbaru, kepemilikan Bitcoin MicroStrategy mencapai 205.000 Bitcoin yang diperoleh dengan harga rata-rata $33.706 per Bitcoin.

Analisis Harga Bitcoin dan Altcoin

Analisis Harga Bitcoin dan Altcoin
Coin360

Pergerakan harga Bitcoin dan altcoin lainnya perlu diperhatikan dengan cermat. Berikut adalah analisis harga untuk beberapa aset crypto utama:

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin
TradingView

Bitcoin terus menunjukkan tren bullish yang kuat. Setelah menembus level $70.000, BTC melanjutkan kenaikannya dan mencapai rekor tertinggi baru di $72.750,16.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak, Pasar Crypto Gempar!

Permintaan yang kuat dari investor institusional dan ritel menjadi pendorong utama kenaikan harga Bitcoin.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum
TradingView

Ethereum (ETH) juga mengikuti jejak Bitcoin dan berhasil menembus level $4.000 untuk pertama kalinya sejak Desember 2021. Kenaikan ETH didukung oleh sentimen positif terhadap Bitcoin dan antisipasi terhadap peningkatan teknologi jaringan Ethereum yang akan datang, yang dikenal sebagai “Dencun”.

3. Altcoin Lainnya

Analisis Altcoin
TradingVIew

Altcoin lainnya seperti BNB, XRP, Solana (SOL), Cardano (ADA), Dogecoin (DOGE), dan Shiba Inu (SHIB) juga mengalami kenaikan harga yang bervariasi. Kenaikan altcoin ini sebagian besar didorong oleh pergerakan positif Bitcoin dan Ethereum.

Penutup

Pasar mata uang crypto sedang berada dalam fase bullish yang kuat, dengan Bitcoin dan altcoin lainnya mencatatkan kenaikan harga yang signifikan. Namun, penting untuk dicatat bahwa pasar crypto juga rentan terhadap volatilitas yang tinggi, sehingga investor crypto harus selalu berhati-hati dan melakukan manajemen risiko yang baik.

Baca Juga: MicroStrategy Beli 12.000 BTC Lagi Setelah Raup $800 Juta dari Penawaran Nota Konversi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi