Bitcoin dan Altcoin Meroket, Siap-siap Cuan!

Bitcoin dan Altcoin Meroket, Siap-siap Cuan!

Pasar mata uang crypto kembali bergairah minggu ini. Bitcoin (BTC) dan altcoin lainnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tujuh hari terakhir.

Bitcoin Lampaui $47.000

harga bitcoin
Ki Young Ju/X

Bitcoin, mata uang crypto terbesar di dunia, berhasil melampaui level $47.000 per koin. Kenaikan ini terjadi setelah sebelumnya sempat stagnan di awal minggu. Menurut data dari CoinGecko, BTC mengalami kenaikan sebesar 11% selama seminggu terakhir. Lonjakan harga Bitcoin ini dipicu oleh beberapa faktor.

Baca Juga: Bitcoin: Menuju Puncak atau Koreksi?

Salah satunya adalah aksi beli besar-besaran oleh investor institusional. Investor crypto institusional melihat potensi keuntungan yang besar dalam aset crypto, sehingga mereka mulai mengalokasikan dana mereka ke pasar crypto ini.

Faktor lainnya adalah meningkatnya minat investor teknologi terhadap aset crypto. Investor teknologi melihat aset crypto sebagai aset yang inovatif dan berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi.

Ethereum Siap-siap Upgrade

ethereum dencun
Sumber: CryptoSlate

Ethereum (ETH), mata uang crypto terbesar kedua, juga mengalami kenaikan yang signifikan selama tujuh hari terakhir. ETH berhasil naik hampir 9% dan saat ini diperdagangkan pada harga $2.498 per koin. Kenaikan harga ETH didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pengumuman tanggal upgrade jaringan Ethereum yang disebut “Dencun”.

Upgrade ini akan dilakukan pada tanggal 13 Maret 2023 dan diharapkan dapat meningkatkan skalabilitas dan efisiensi jaringan Ethereum. Faktor lainnya adalah meningkatnya aktivitas di jaringan Ethereum. Aktivitas ini terlihat dari meningkatnya jumlah transaksi dan penggunaan aplikasi berbasis Ethereum.

Solana Bangkit Setelah Pemadaman Jaringan

memecoin solana
Sumber: Bitcoin Sistemi

Solana (SOL), mata uang crypto terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar, juga mengalami kenaikan yang signifikan selama tujuh hari terakhir. SOL berhasil naik 11% dan saat ini diperdagangkan pada harga $109 per koin.

Kenaikan harga SOL terjadi setelah sebelumnya sempat mengalami pemadaman jaringan pada hari Selasa. Pemadaman jaringan ini menyebabkan harga SOL turun, tetapi setelah masalah teratasi, harga SOL kembali naik.

Penutup

Pasar mata uang crypto kembali bergairah minggu ini. Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya menunjukkan peningkatan yang signifikan. Investor berharap tren positif ini akan terus berlanjut di masa mendatang.

Baca Juga: Bitcoin: Investasi atau Sekadar Spekulasi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi