Bitcoin dan Altcoin Meroket, Dana Masuk ke Kripto Capai $600 Juta!

Bitcoin dan Altcoin Meroket, Dana Masuk ke Kripto Capai $600 Juta!

Dunia kripto kembali bergairah. Dana segar mengalir deras ke berbagai produk investasi kripto, termasuk Bitcoin dan altcoin. Menurut laporan terbaru dari CoinShares, dalam tujuh hari terakhir, dana masuk ke produk investasi kripto mencapai $598 juta. Ini merupakan minggu keempat berturut-turut terjadi aliran dana masuk ke produk kripto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dana Masuk ke Bitcoin ETF Terus Berlanjut

james butterfiill
Sumber: Akun X James Butterfill

Bitcoin ETF menjadi primadona investor. Dalam seminggu terakhir, Bitcoin ETF kembali mencatat aliran dana masuk sebesar $598 juta. Laporan “Digital Asset Fund Flows Weekly” dari CoinShares yang diterbitkan pada 26 Februari menunjukkan bahwa total aliran dana masuk sejak awal tahun telah melampaui $5,7 miliar. Investor institusional semakin meningkatkan eksposur Bitcoin mereka melalui spot Bitcoin ETF.

Institusi besar seperti BlackRock, ARK Invest, Grayscale, Bitwise, ProShares, Fidelity, dan 21Shares ikut meramaikan pasar Bitcoin ETF. Mereka menggelontorkan dana hampir $598 juta ke berbagai produk kripto yang mereka tawarkan. Namun, menjelang akhir minggu lalu, aliran dana masuk sempat melambat.

Baca Juga: 3 Altcoin yang Berpotensi Bull Run di Maret 2024!\

Bitcoin dan Spot Bitcoin ETF Jadi Fokus Utama

btc dan spot bitcoin etf
Aliran modal untuk perusahaan investasi kripto. Sumber: CoinShares

Bitcoin (BTC) menjadi mata uang kripto yang paling banyak menarik minat investor. Dana masuk ke Bitcoin ETF mencapai sekitar $570 juta, atau 95% dari total aliran dana masuk. Ether (ETH) berada di urutan kedua dengan aliran dana masuk sebesar $16,8 juta. Litecoin (LTC) dan Ripple’s XRP ETP masing-masing mencatat aliran dana masuk sebesar $1 juta dan $1,1 juta.

Solana (SOL) menjadi satu-satunya mata uang kripto yang mengalami aliran dana keluar sebesar $3 juta. CoinShares mengaitkan hal ini dengan “pemadaman baru-baru ini” yang mungkin telah “mempengaruhi sentimen” terhadap token layer 1 tersebut.

AS Menguasai Aliran Dana Masuk

as menguasai aliran dana masuk
Sumber: Coinshares

Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak mencatatkan aliran dana masuk ke produk investasi aset digital minggu lalu. Sebesar $609,5 juta mengalir ke produk kripto yang berbasis di AS, meskipun Grayscale mengalami aliran dana keluar sebesar $436 juta.

Brasil dan Swiss mencatat aliran dana masuk yang lebih kecil, masing-masing sebesar $8,2 juta dan $2,1 juta. Sementara itu, pasar Kanada mengalami aliran dana keluar terbesar dari produk investasi aset digital, sebesar $17,8 juta, diikuti oleh Swedia dengan aliran dana keluar sebesar $8 juta.

Baca Juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (27/2/24), Harga PEPE Meroket 63,22%

Harga Bitcoin Meroket 9,10% Lampaui Rp880 Juta

harga bitcoin hari ini 27 feb
Sumber: Market Pintu

Meningkatnya aliran dana masuk ke produk Bitcoin sejalan dengan kenaikan harga Bitcoin baru-baru ini. Bitcoin sempat menembus level Rp880 juta sebelum sedikit terkoreksi ke $50.500 atau Rp790 juta (kurs $1 = Rp15.600). Pada saat artikel ini diterbitkan, BTC telah melampaui level tersebut dan mencapai titik tertinggi baru tahun ini di Rp886 Juta.

Terakhir kali Bitcoin diperdagangkan di atas Rp880 juta adalah lebih dari dua tahun lalu, tepatnya pada 3 Desember 2021. Saat itu, Bitcoin jatuh dari level tertinggi Rp900 juta sebelum memasuki tren turun yang membawa harganya hingga Rp259 juta pada November 2022.

Kesimpulan

Aliran dana masuk yang besar ke produk kripto, terutama Bitcoin ETF, menjadi indikator positif bagi pasar kripto. Hal ini menunjukkan bahwa investor institusional semakin percaya pada potensi aset digital sebagai investasi jangka panjang. Meskipun ada sedikit perlambatan dalam aliran dana masuk, namun secara keseluruhan, prospek pasar kripto masih terlihat cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi