Bitcoin Catat Performa Terbaik September Sejak 2016: Apa yang Diharapkan di Oktober?

Bitcoin Catat Performa Terbaik September Sejak 2016: Apa yang Diharapkan di Oktober?

Bitcoin menunjukkan kebangkitan yang luar biasa pada bulan September, dengan kenaikan hampir 4%, mencapai hampir $27.000 yang setara dengan Rp418 juta (kurs $1 = Rp15.490). Ini menandai kinerja bulan September terbaik sejak 2016, meskipun menghadapi tantangan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait permohonan ETF Bitcoin spot.

Lalu, kira-kira bagaimana prediksi harga Bitcoin di bulan Oktober 2023? akankah menunjukkan performa terbaiknya seperti di bulan September? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kenaikan Harga BTC Meskipun Dihadapkan dengan Ketidakpastian SEC

bitcoin quarterly returns
BTC/USD Quarterly Returns. Sumber: CoinGlass

Dilansir dari Cointelegraph, meskipun SEC telah menunda keputusan atas beberapa permohonan ETF Bitcoin spot, cryptocurrency ini tetap menunjukkan kekuatan.

Selama bulan lalu, SEC menunda keputusan atas lebih dari tujuh permohonan, meskipun ada upaya untuk mempercepat proses persetujuan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun September yang kuat, Bitcoin mengalami kerugian kuartalan pertamanya tahun ini, turun sekitar 12% dari nilai sebelumnya.

Baca Juga: Bitcoin Menuju $20.000: Peluang Terakhir Sebelum Bull Run Berikutnya?

Harapan untuk Oktober yang Bullish

bitcoin bullish oktober
Sumber: Akun X TedTalksMacro

Sejarah menunjukkan bahwa Bitcoin cenderung memiliki kinerja yang baik di bulan Oktober. Meskipun ada penurunan pasar signifikan pada Oktober tahun lalu, Bitcoin berhasil mencatat kenaikan 5,56%.

Analis crypto, Tedtalksmacro, menjelaskan kinerja Oktober yang kuat sebagai “periode musim positif”, dengan Oktober menjadi salah satu bulan terbaik untuk Bitcoin selama tiga tahun terakhir.

Namun, ada peringatan bahwa kondisi saat ini berbeda, dengan tingkat dana federal saat ini di atas 5%, yang mungkin berdampak pada perilaku harga Bitcoin.

Baca Juga: Krisis Pemerintahan AS Picu Spekulasi Kenaikan Harga Bitcoin? Ini Analisis dari Para Ahli Crypto!

    Prospek Jangka Panjang Bitcoin

    akumulasi whale bitcoin
    Sumber: Santiment

    Firma analitik blockchain terkemuka, Santiment, menunjukkan bahwa prospek jangka panjang Bitcoin tampak menjanjikan, didukung oleh fakta bahwa “whales” telah mengakumulasi Bitcoin selama enam minggu terakhir.

    Akumulasi ini menunjukkan kekuatan pembelian dan menunjukkan bahwa reli mungkin berlanjut ke Oktober. Namun, keputusan SEC mengenai permohonan ETF spot dapat mempengaruhi perilaku harga Bitcoin di masa depan.

    Dengan kinerja September yang kuat dan harapan tinggi untuk Oktober, Bitcoin terus menunjukkan potensinya sebagai aset investasi utama. Meskipun ada ketidakpastian dari regulator, optimisme di kalangan investor dan analis tetap tinggi.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

      Referensi: