Bitcoin Cash Upgrade Besar-besaran, Apa Saja Peningkatannya?

author:

Bitcoin Cash Upgrade Besar-besaran, Apa Saja Peningkatannya?

Dilansir dari Cointelegraph (16/5/23), jaringan Bitcoin Cash baru-baru ini meluncurkan upgrade besar pada tanggal 15 Mei 2023, yang memberikan dukungan bagi CashTokens.

Menurut pengembang Bitcoin Cash, Jason Dreyzehner, upgrade ini merupakan “alat untuk memperluas akses keuangan.”

CashTokens: Upgrade yang Mengubah Permainan di Jaringan Bitcoin Cash

Pada 15 Mei 2023, Bitcoin Cash telah melakukan upgrade besar-besaran di jaringannya, yang memungkinkan para pengembang untuk membuat token dengan properti yang sama seperti BCH. Token-token ini, yang disebut “CashTokens”, dapat dikeluarkan oleh siapa saja yang menggunakan jaringan.

Menurut laporan, upgrade ini berhasil dilakukan pada block hieght 792,772. Menurut Dreyzehner, upgrade baru ini mencakup dukungan untuk CashTokens, yang ia percaya sebagai “alat untuk memperluas akses keuangan.”

Dengan token yang dapat disesuaikan di jaringan Bitcoin Cash, peningkatan ini bertujuan untuk memfasilitasi berbagai kasus penggunaan yang lebih luas termasuk DApps dan NFT.

Biaya transaksi yang lebih rendah, skalabilitas yang lebih baik, serta platform yang aman dan kuat untuk pembuatan token akan segera menyusul dalam upaya mempromosikan inovasi di jaringan sebagai cara untuk “menunjukkan kepada mereka cara kerja uang yang bebas, adil, dan tangguh.”

Selanjutnya, berdasarkan cuitan yang diunggah oleh Dreyzehner, upgrade ini juga dikabarkan memiliki fitur seperti future-proof multiparty vaults dan peningkatan teknis untuk validasi transaksi.

Twitter

Lebih lanjut, pengembang menyoroti bahwa CashToken dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, mulai dari stablecoin pembayaran dan komoditas hingga kartu hadiah dan tiket acara. Dreyzehner juga menyebutkan bahwa teknologi yang mendasarinya akan memungkinkan aplikasi on-chain yang canggih, termasuk bursa terdesentralisasi (DEX), brankas keamanan, dan bridging sidechain.

Baca juga: BRC-20: Standar Token Bitcoin Baru yang Guncang Dunia Crypto!

Dampak Upgrade CashTokens pada Harga BCH dan Jaringan Bitcoin Cash

Pada hari yang sama dengan peluncuran upgrade, harga BCH melonjak. Data menunjukkan bahwa token naik dari $114 menjadi $120 pada tanggal 15 Mei 2023.

harga bitcoin cash
Indeks harga Bitcoin Cash dari tanggal 14-16 Mei 2023. Sumber: Cointelegraph

Namun, meskipun terdapat hype, pergerakan harga ini berumur pendek karena harga hampir seketika kembali ke kisaran $113 hingga $114 setelah upgrade.

Mengutip Cointelegraph, upgrade CashTokens di jaringan Bitcoin Cash datang saat token BRC-20 semakin populer. Pada 9 Mei 2023, token BRC-20 tercatat melampaui kapitalisasi pasar $1 miliar.

Pertumbuhan eksplosif ini terjadi dua bulan setelah protokol fungibilitas token Bitcoin dibuat dan didorong oleh pertumbuhan token seperti Ordi (ORDI), Nals (NALS), VMPX (VMPX), Pepecoin (PEPE) dan Meme (MEME).

Tantangan Baru: Dampak Upgrade pada Jaringan Bitcoin

Meski perkembangan baru ini menarik bagi banyak orang, hal ini datang dengan serangkaian masalah baru untuk jaringan. Pada 10 Mei 2023, analis CryptoQuant, Axel Adler, mengungkapkan bahwa peningkatan biaya dan penumpukan transaksi telah mengepung jaringan Bitcoin karena standar token baru ini.

Baca juga: Peluncuran Headset Mixed-Reality Apple, Bisa Jadi Angin Segar untuk Industri Metaverse?

Dengan peluncuran upgrade CashTokens, Bitcoin Cash telah membuka babak baru dalam perkembangan crypto. Meskipun ada tantangan dan gejolak harga, banyak yang optimis bahwa ini adalah langkah maju dalam memperluas akses keuangan.


Referensi: