Bitcoin Capai Milestone: 800.000 Blok Telah Ditambang! Harga BTC Bisa Melesat?

Array

Bitcoin Capai Milestone: 800.000 Blok Telah Ditambang! Harga BTC Bisa Melesat?

Jaringan Bitcoin telah menambang blok ke-800.000, dengan hanya 40.000 blok lagi yang tersisa sebelum hadiah penambangan jaringan berikutnya dipotong 2.

Blok ke-800.000 berisi 3721 transaksi dengan ukuran 1,64 megabyte, dengan harga Bitcoin diperdagangkan pada $29.815 pada 24 Juli 2023, seperti yang dicatat oleh peneliti pasar Dylan LeClair di Twitter.

Milestone Penting dalam Sejarah Bitcoin

Milestone Penting dalam Sejarah Bitcoin

Twitter

Milestone ini banyak dibagikan di platform media sosial pada 24 Juli 2023, dengan pendukung Bitcoin dan komentator industri menyoroti milestone ini sebagai indikator keamanan dan ketahanan jaringan.

Tinggi blok Bitcoin merujuk pada lokasi di blockchain relatif terhadap berapa banyak blok yang mendahuluinya – kembali ke blok genesis, yang merupakan blok pendiri jaringan. Blok berisi transaksi dan data yang dibundel menjadi blok oleh penambang jaringan.

Tinggi Blok sebagai Ukuran Keamanan Blockchain

Tinggi blok juga berfungsi sebagai ukuran ketahanan blockchain Bitcoin. Semakin banyak blok yang ditambahkan ke rantai, semakin banyak daya komputasi yang diperlukan oleh aktor jahat untuk mencoba mengubah blok sebelumnya.

Baca Juga: Bitcoin Halving Sebentar Lagi! Simak 5 Strategi Investasi yang Wajib Kamu Ketahui!

Tinggi blok juga berfungsi sebagai ukuran yang digunakan untuk menjaga kesulitan penambangan Bitcoin.

Jaringan blockchain berbasis bukti kerja memiliki kesulitan penambangan mereka disesuaikan secara berkala berdasarkan total daya komputasi jaringan dan waktu yang dibutuhkan untuk menambang sejumlah blok sebelumnya.

Hadiah Penambangan dan Halving Mendatang

reward bitcoin halving

Tinggi blok juga menentukan jumlah Bitcoin yang diberikan kepada penambang untuk menambahkan blok baru ke jaringan.

Bitcoin dirancang untuk memiliki acara pemotongan blok setiap empat tahun atau 210.000 blok di rantai.

Hadiah blok awal adalah 50 BTC pada tahun 2009 sebelum akhirnya dipotong dua menjadi 25 BTC pada tahun 2012, 12,5 BTC pada tahun 2016, dan 6,25 BTC saat ini sejak tahun 2020.

Acara halving berikutnya harus terjadi pada April 2024, dengan hadiah blok terbaru dipotong dua menjadi 3,125 BTC.

Baca Juga: Volatilitas Bitcoin (BTC) Tercatat Rendah Menjelang Pertemuan FOMC, Apa yang akan Terjadi?

Acara halving secara historis bertepatan dengan reli harga besar untuk BTC dan pasar cryptocurrency secara luas.

Dengan kurang dari setahun ke halving berikutnya, peristiwa makro telah mempengaruhi harga BTC setelah mencapai rekor tertinggi sebesar $69.000 pada tahun 2021.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array