Bitcoin Capai ATH Baru, Bagaimana Prospeknya?

Bitcoin Capai ATH Baru, Bagaimana Prospeknya?

Harga Bitcoin (BTC) baru-baru ini mencapai titik tertinggi sepanjang masa (ATH) di atas $72.700, memicu munculnya alamat dengan saldo kurang dari 0,1 BTC. Menurut data dari platform analitik crypto Santiment, selama 2 minggu terakhir, alamat yang menyimpan paling banyak 0,1 BTC telah melonjak setidaknya 277.000. Adopsi crypto ritel Bitcoin di berbagai kategori pemegang kecil menunjukkan data yang berbeda.

Kenaikan Pemegang Bitcoin Kecil

Kenaikan Pemegang Bitcoin Kecil

X/@santimentfeed

Sebagai pelengkap lonjakan pemegang 0,1 BTC, alamat dengan setidaknya 1.000 BTC turun dalam jangka waktu yang sama. Dengan Bitcoin melampaui ATH, FOMO mungkin tidak dapat dihindari, sehingga menyebabkan peningkatan ritel. Menurut data Santiment, jumlah dompet crypto dengan saldo kurang dari 0,1 BTC telah tumbuh sebesar 0,6% dalam 2 minggu.

Pada 12 Maret, 48,04 juta dompet menyimpan 0 hingga 0,1 BTC. Jumlah dompet dengan saldo 0,1 hingga 10 BTC turun 0,8% dalam 14 hari terakhir. Sebagai pelengkap utama, dompet dengan saldo 10 hingga 1.000 BTC mengalami penurunan 0,5% selama periode yang sama.

Baca Juga: Bitcoin Tembus $73.000, Lahirkan 1.500 Jutawan Baru Setiap Hari!

Sementara alamat dompet di kelas 0,1 hingga 10 BTC mencapai 4,37 juta, jumlah yang menyimpan antara 10 hingga 10.000 BTC adalah 151.180. Paus Bitcoin atau alamat yang menyimpan setidaknya 1.000 turun 105, setelah mencatat penurunan 4,9% dalam 2 minggu terakhir. Alamat-alamat yang memiliki MicroStrategy Incorporated dan El Salvador ini berjumlah 2.053.

Gambaran Profitabilitas Bitcoin

arus masuk bersih etf bitcoin
The image created by AI

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, profitabilitas alamat Bitcoin telah melampaui patokan 100%, pengaruh dari harga ATH sekarang dipatok pada $73.637.

Dengan pembagian dua Bitcoin dan akumulasi koin yang berkelanjutan oleh penerbit ETF Bitcoin, prospek pertumbuhan mata uang digital utama sangat besar. Meskipun terjadi lonjakan harga terbaru, ada proyeksi untuk pertumbuhan lebih lanjut di masa mendatang.

Siklus Super Bitcoin

Grafik Siklus Bitcoin

Pada titik ini, tidak mengherankan jika ada juga pembicaraan tentang kemungkinan siklus super Bitcoin yang mungkin telah dimulai pada Oktober 2023. Istilah “siklus super” mengacu pada siklus yang lebih panjang dan lebih luas yang jauh melampaui siklus 4 tahun klasik.

Bitcoin memiliki pembagian dua tepat setiap 210.000 blok, dan pada tingkat blok baru setiap kurang dari 10 menit hanya membutuhkan waktu kurang dari 4 tahun antara satu pembagian dua dan berikutnya. Siklus Bitcoin yang ditandai dengan pembagian dua di masa lalu selalu memiliki dampak yang sama pada tren harga.

Faktanya, baik setelah pembagian dua pertama dan setelah pembagian dua kedua dan ketiga, kenaikan harga dimulai yang berlangsung sekitar 12 bulan, dari akhir tahun pembagian dua hingga akhir tahun berikutnya. Dalam ketiga kasus ini, kenaikan harga yang besar diikuti oleh sekitar 12 bulan pasar beruang, meskipun pada tahun 2015 durasinya sedikit lebih lama.

Intinya adalah bahwa dua pasar beruang besar pertama diikuti oleh beberapa tahun konsolidasi ke atas, sedangkan yang ketiga diikuti oleh kurang dari 12 bulan konsolidasi ke atas. Memang, pada Oktober 2023 fase sideways berakhir dan kenaikan harga baru dimulai satu tahun lebih cepat dari jadwal. Hipotesis yang beredar adalah bahwa perbedaan ini justru karena ETF spot Bitcoin di bursa AS.

Penutup

Harga Bitcoin baru-baru ini mencapai titik tertinggi sepanjang masa (ATH) di atas $72.700, memicu munculnya alamat dengan saldo kurang dari 0,1 BTC.

Menurut data dari platform analitik crypto Santiment, selama 2 minggu terakhir, alamat yang menyimpan paling banyak 0,1 BTC telah melonjak setidaknya 277.000. Adopsi ritel Bitcoin di berbagai kategori pemegang kecil menunjukkan data yang berbeda.

Baca Juga: TRON Gandeng Amazon Web Services untuk Percepat Adopsi Blockchain

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi