Bitcoin Tembus $30.000! Tapi, Jangan Terburu-buru Berpesta…

Bitcoin Tembus $30.000! Tapi, Jangan Terburu-buru Berpesta…

Bitcoin, mata uang crypto paling terkenal di dunia, baru-baru ini mengalami lonjakan mendadak hingga mencapai angka $30.000.

Namun, sebelum para investor dan penggemar mulai merayakannya, ternyata ada hal yang perlu diperhatikan di balik kenaikan harga ini.

Lonjakan Harga Bukan Karena Konsensus Pasar

Lonjakan harga ini bukanlah hasil dari kesepakatan pasar yang luas atau berita positif yang mendadak.

Sebaliknya, kenaikan ini terutama disebabkan oleh kurangnya likuiditas di bursa Kraken, yang mungkin dikombinasikan dengan masalah teknis lainnya.

Baca Juga: Backlog Transaksi Bitcoin: Melonjak Lebih dari 400.000 dalam 2 Minggu, Apa Artinya?

Anomali seperti ini, meskipun jarang terjadi, telah diamati di masa lalu di berbagai bursa dan dapat menyebabkan indikasi harga yang menyesatkan.

Respon Komunitas dan ‘Kraken Magic’

Yang menarik adalah bagaimana komunitas merespons anomali harga seperti ini. Sebagian dari komunitas crypto mulai percaya pada apa yang disebut “Kraken Magic”.

Menurut teori ini, dalam beberapa kasus, lonjakan harga yang sangat tinggi di Kraken telah mendahului perubahan pasar yang sebenarnya.

Alasannya? Para whale, atau investor skala besar, mungkin melakukan pembelian besar-besaran di bursa yang diatur dengan baik seperti Kraken.

Pembelian besar seperti ini dapat sejenak mendorong harga aset seperti Bitcoin ke level yang sangat tinggi karena kendala likuiditas.

Pendekatan yang Hati-hati Terhadap Teori

Pendekatan yang Hati-hati Terhadap Teori
TradingView

Meskipun mungkin terdengar seperti spekulasi, pendukung teori “Kraken Magic” berpendapat bahwa pembelian skala besar di platform yang diatur bisa menunjukkan kepercayaan whale terhadap kinerja aset di masa depan. Namun, sangat penting untuk mendekati teori semacam itu dengan hati-hati.

Meskipun mungkin ada kasus di mana anomali harga di satu bursa mendahului pergerakan pasar yang lebih luas, mengandalkan hanya observasi semacam itu bisa berisiko.

Baca Juga: CoinGecko Bagikan Analisis Biaya Menambang Bitcoin di Seluruh Dunia, Bagaimana Hasilnya?

Pasar crypto dipengaruhi oleh banyak faktor, dan masalah likuiditas di satu bursa mungkin tidak selalu menjadi prediktor yang dapat diandalkan dari tren pasar yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: