Bitcoin Bersemi dengan BRC-20, Apakah Ini Masa Depan Mata Uang Crypto?

Bitcoin Bersemi dengan BRC-20, Apakah Ini Masa Depan Mata Uang Crypto?

Kabar terbaru dari dunia crypto menggemparkan para pengamat dan investor crypto. Laporan terkini dari Binance Research menunjukkan bahwa token BRC 20 telah membuka babak baru bagi Bitcoin, menjadi narasi penting di tahun 2023. Fenomena ini menarik perhatian karena banyak yang meragukan tempat Ordinals dalam ekosistem Bitcoin.

Token BRC-20: Pemicu Dominasi Bitcoin

Binance Research mengungkapkan bahwa token BRC-20 telah memicu peningkatan dominasi Bitcoin di pasar crypto. Dari 40,4% menjadi 50,2%, Bitcoin kini menguasai lebih dari setengah kapitalisasi pasar crypto secara total.

Token BRC-20, yang diperkenalkan pada awal Maret 2023, telah menjadi populer dengan cepat, terutama dengan munculnya token meme seperti Pepecoin (PEPE). Aktivitas jaringan Bitcoin terlihat meningkat, terutama jika dilihat dari jumlah transaksi di mempool Bitcoin.

Baca Juga: Bitcoin akan Tembus $300K? Simak Prediksi Ahli Sebelum Halving!

Hal ini menunjukkan bahwa inskripsi Ordinals dan token BRC-20 memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan dan dominasi Bitcoin di tahun 2023. Fenomena ini menandai era baru bagi Bitcoin, yang selama ini dikenal sebagai aset digital yang konservatif.

Ordinal dan BRC-20: Kontroversi dan Dampak Ekonomi

bitcoin ordinals
Sumber: Protos

Meskipun ada kontroversi mengenai keberadaan protokol Ordinals dalam ekosistem Bitcoin, Binance Research menegaskan bahwa Bitcoin adalah sistem yang terdesentralisasi dan tanpa izin. Ini berarti bahwa komunitas memiliki kebebasan untuk menggunakan teknologi sesuai dengan keinginan mereka.

Tidak ada satu orang atau kelompok yang dapat menentukan penggunaan teknologi ini. Dari perspektif ekonomi, Ordinals dan token BRC-20 telah menyebabkan peningkatan biaya transaksi. Ini merupakan kabar baik bagi penambangan Bitcoin, terutama menjelang peristiwa Bitcoin halving yang akan terjadi pada tahun 2024.

Peningkatan biaya transaksi ini memberikan insentif ekonomi yang lebih baik bagi para penambang di tengah penurunan hadiah blok.

Bitcoin di 2024: Apa yang Diharapkan?

Binance Research memprediksi bahwa narasi seputar token BRC-20 akan terus menjadi topik penting di tahun 2024. Pertumbuhan token ini tidak hanya menandai inovasi dalam ekosistem Bitcoin, tetapi juga berpotensi mempengaruhi dinamika pasar crypto secara keseluruhan.

Dengan Bitcoin halving yang akan datang, komunitas crypto menantikan bagaimana token BRC-20 akan mempengaruhi ekonomi Bitcoin.

Paragraf Penutup

Pertumbuhan token BRC-20 dan inskripsi Ordinals telah membawa angin segar bagi Bitcoin, menunjukkan bahwa inovasi masih terjadi di dalam ekosistem yang sudah ada.

Dengan perubahan ini, Bitcoin tidak hanya mempertahankan relevansinya tetapi juga membuktikan bahwa ia masih mampu beradaptasi dan berkembang. Tahun 2024 akan menjadi tahun yang menarik untuk melihat bagaimana narasi ini terus berkembang.

Baca Juga: Strategi Jitu BlackRock Menaklukkan Hati Investor Boomer dengan ETF Bitcoin

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi