Biaya Transaksi Bitcoin Anjlok Setelah Hari Halving, Menandai Perubahan Besar!

Biaya Transaksi Bitcoin Anjlok Setelah Hari Halving, Menandai Perubahan Besar!

Jakarta, Pintu News – Biaya transaksi Bitcoin mengalami penurunan signifikan, turun dari rata-rata harian tertinggi $128 pada hari Halving keempat Bitcoin pada 20 April, menjadi sekitar $8-$10 untuk transaksi prioritas menengah pada 21 April.

Fenomena ini terjadi bersamaan dengan penurunan drastis dalam biaya yang dibayarkan kepada penambang, memicu diskusi tentang dampak dan masa depan biaya transaksi di jaringan Bitcoin. Simak berita lengkapnya disini!

Analisis Penurunan Biaya

biaya transaksi harian bitcoin
Rata-rata biaya transaksi harian Bitcoin selama lima tahun terakhir. Sumber: Grafik Y

Pada 20 April, hari ketika Bitcoin mencapai blok Halving ke-840,000, biaya total yang tercatat adalah $78,3 juta, lebih dari 24 kali lipat dari Ethereum.

Block ini terkenal tidak hanya karena jumlah Bitcoin yang signifikan yang dibayarkan kepada penambang ViaBTC tetapi juga karena menjadi blok dengan permintaan tertinggi dalam sejarah 15 tahun jaringan ini, terutama didorong oleh penggemar memecoin dan token non-fungible (NFT) yang menggunakan protokol Runes.

Baca Juga: 5 Real World Assets Crypto Terbaik Berdasarkan Market Cap!

Dampak Jangka Panjang pada Penambang dan Jaringan

gas fee crypto
Biaya terbesar oleh blockchain dan proyek keuangan terdesentralisasi pada tanggal 20 April 2024. Sumber: Biaya Crypto

Meskipun biaya blok tinggi berlanjut hingga sekitar blok 840,200, mereka telah jatuh ke kisaran 1-2 Bitcoin per blok. Penurunan ini terjadi bersamaan dengan penurunan subsidi blok dari 6.25 Bitcoin menjadi 3.125 Bitcoin, yang merupakan bagian dari peristiwa Halving.

Kini, dengan rata-rata biaya blok jauh di bawah 3.125 Bitcoin, penambang mulai merasakan efek dari pengurangan subsidi tersebut.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024 Telah Usai, Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Prospek dan Tantangan Ke Depan

Meskipun peristiwa Halving sangat diantisipasi, tidak memiliki dampak material yang signifikan pada harga Bitcoin, yang telah naik 1.5% menjadi $64,840 sejak itu.

Analis telah memberikan pandangan beragam mengenai efek jangka panjang Halving pada harga Bitcoin, dengan beberapa, termasuk JPMorgan, mengantisipasi kemungkinan penurunan harga lebih lanjut. Namun, pandangan jangka panjang tetap bullish, dengan pengamatan sejarah menunjukkan kenaikan harga yang signifikan dalam tahun-tahun setelah Halving.

Kesimpulan

Penurunan tajam dalam biaya transaksi Bitcoin setelah hari Halving menyoroti volatilitas yang tetap menjadi ciri khas pasar crypto. Meskipun Halving membawa tantangan bagi penambang karena pengurangan subsidi, ini juga menawarkan kesempatan untuk penyesuaian dan inovasi dalam cara penambang mengelola sumber daya dan efisiensi operasional. Pandangan ke depan untuk Bitcoin, sementara tidak pasti dalam jangka pendek, tetap kuat dalam jangka panjang dengan banyak di industri yang tetap optimis tentang potensi pertumbuhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: