Bitcoin Bersiap untuk Puncak Baru, Namun Terhempas oleh Liquidasi Pasar

Bitcoin Bersiap untuk Puncak Baru, Namun Terhempas oleh Liquidasi Pasar

Jakarta, Pintu News – Pasar Bitcoin saat ini penuh dengan dinamika yang bertentangan. Di satu sisi, analisis dari peningkatan penerbitan stablecoin menunjukkan persiapan untuk menyentuh rekor harga baru, sementara di sisi lain, liquidasi pasar senilai $400 juta telah menyebabkan harga Bitcoin tiba-tiba jatuh, mempengaruhi investor crypto dan pasar secara luas.

Persiapan untuk Rekor Baru

Menurut data terbaru dari KuCoin Research, ada peningkatan signifikan dalam penerbitan stablecoin seperti USDT dan USDC, menunjukkan bahwa investor mempersiapkan diri untuk lonjakan harga Bitcoin yang baru. Analis menilai ini sebagai indikator bullish, terutama dengan pendekatan halving Bitcoin yang akan membatasi penawaran dan potensial meningkatkan harga.

Baca Juga: AS Diminta Tinjau Kembali Pendekatannya terhadap Industri Penambangan BTC, Kenapa?

Peningkatan aliran stablecoin ke bursa-bursa telah terjadi sejak awal Maret, dengan total saldo stablecoin di semua bursa meningkat dari $19,7 miliar menjadi $20,34 miliar. Analis percaya ini menunjukkan bahwa para trader sedang bersiap untuk membuka posisi baru, mengantisipasi tren kenaikan Bitcoin akan berlanjut.

Liquidasi Pasar Mengguncang

Liquidasi Pasar Mengguncang
Coinglass

Namun, pada tanggal 12 April, terjadi penurunan harga Bitcoin sebesar 5% dalam waktu kurang dari satu jam, dengan harga turun dari $68,341 menjadi $65,110. Liquidasi ini mempengaruhi banyak trader yang memegang posisi leverage, dengan total kerugian lebih dari $400 juta tercatat dalam satu jam.

Kejadian ini disebabkan oleh data inflasi AS yang lebih tinggi dari ekspektasi, yang mengecewakan harapan akan pemotongan suku bunga oleh Fed. Pasar saham AS juga mengalami penurunan, mencerminkan sentimen negatif yang lebih luas yang mempengaruhi pasar keuangan, termasuk crypto.

Dampak pada Investor dan Pasar

Kejadian ini menimbulkan pertanyaan tentang stabilitas dan prediktabilitas pasar Bitcoin. Meskipun ada sinyal positif dari sisi penawaran dan permintaan stablecoin, volatilitas seperti ini memperjelas risiko yang ada dalam trading Bitcoin. Investor dan trader harus waspada terhadap perubahan mendadak yang dapat menghapus nilai investasi dalam waktu singkat.

Analisis ini juga menyoroti pentingnya strategi manajemen risiko yang baik dalam trading crypto, mengingat potensi keuntungan tinggi tetapi juga risiko kerugian yang cepat dan besar. Pasar Bitcoin yang sedang berfluktuasi ini mungkin akan terus menawarkan peluang bagi yang berani, namun juga menjebak bagi yang tidak siap.

Penutup

Saat Bitcoin bersiap untuk mencapai ketinggian baru berkat optimisme yang didorong oleh stablecoin, volatilitas pasar tetap menjadi pengingat keras tentang risiko yang terlibat. Peristiwa terkini ini menggambarkan gambaran yang kompleks dari harapan tinggi yang dihadapkan pada realitas pahit pasar yang tak terduga.

Baca Juga: Bitcoin: Akumulasi Bitcoin Whale Sebelum Halving, Siap-siap Harga Meroket!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: