Bitcoin Berjuang Menuju $38,000: Apa yang Harus Diketahui?

author:

Bitcoin Berjuang Menuju $38,000: Apa yang Harus Diketahui?

Dalam dunia mata uang digital, Bitcoin sedang berjuang keras untuk menembus level resistensi $38,000. Meski telah mencoba beberapa kali, namun hingga saat ini Bitcoin belum berhasil menembus level tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang perjuangan Bitcoin ini.

Pergerakan Bitcoin dan Para Pemegang Besar

Mengutip laporan The News Crypto (21/11/23), Bitcoin telah relatif stabil dalam 24 jam terakhir, namun altcoin terkemuka lainnya telah kehilangan sebagian dari kenaikan yang mereka capai pada awal November 2023. Data dari Whale Alert menunjukkan bahwa banyak pemegang besar atau “whale” baru-baru ini telah mentransfer jumlah Bitcoin yang signifikan ke bursa.

Baca juga: CEO Pantera Capital: “Bitcoin ETF Merupakan Peristiwa ‘Buy the Rumor, Buy the News’”

Seorang “whale” telah memindahkan 2.707 token BTC, senilai $101,620,813, dari dompet anonim ke Coinbase. Beberapa jam kemudian, whale lainnya menyetor 2.712 BTC senilai $101,661,213 dari dompet anonim ke Coinbase.

Satu jam kemudian, dompet anonim lainnya mengirimkan $24,294,303 dalam token BTC ke Binance.

Analisis dan Prediksi Pasar

Sementara itu, analis di Glassnode berpendapat bahwa meski volume keuntungan Bitcoin telah meningkat ke level yang belum pernah terlihat sebelum 2021, ini masih jauh dari cukup untuk merayu investor jangka panjang.

Bitcoin mungkin berjuang keras untuk menembus level resistensi terbaru, namun para ahli di Glassnode menyatakan bahwa ukuran keuntungan yang belum direalisasikan sangat kecil, dan belum cukup untuk mendorong investor jangka panjang untuk mengunci keuntungan.

Jika harga berhasil melewati level $38,000, maka akan memulai reli baru menuju tanda $40,300. Namun, jika bear mendorong harga di bawah tanda $37,075 maka kemungkinan akan menguji level dukungan $36,440.

Baca juga: Grayscale dan SEC Bertemu, Apakah Bitcoin ETF Segera Menjadi Kenyataan?

Bitcoin dan Harapan ETF Spot

etf bitcoin spot
Sumber: Cryptonews

Salah satu dilema bagi investor adalah apakah kenaikan Bitcoin tahun ini sudah mencerminkan dampak yang mungkin dari ETF spot. Bitcoin berada dalam pandangan $38,000, level terakhir terlihat pada Mei 2022, di tengah reli yang sedang berlangsung yang didorong oleh harapan permintaan baru untuk token dari dana yang diperdagangkan di bursa.

Pada 21 November 2023, aset digital terbesar ini sedikit berubah pada sekitar $37,344 pada pukul 6:46 pagi Kamis di New York, dan telah rebound sekitar 125% dari kerugian 2022. Di sisi lain, Ethereum melonjak sebanyak 2% setelah BlackRock mengajukan permohonan ke SEC untuk mencantumkan dana yang diperdagangkan di bursa yang memegang mata uang crypto terbesar kedua.

Dengan kondisi pasar yang fluktuatif dan berbagai faktor yang mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin, penting bagi investor/trader untuk selalu memantau perkembangan terbaru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: