Bitcoin BEP-2 (BTCB): Rahasia di Balik Bitcoin Versi Binance yang Harus Kamu Ketahui!

Bitcoin BEP-2 (BTCB): Rahasia di Balik Bitcoin Versi Binance yang Harus Kamu Ketahui!

Dalam dunia crypto yang dinamis, variasi dari cryptocurrency populer seperti Bitcoin muncul untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda. Salah satunya adalah BTCB, versi Binance dari Bitcoin. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara BTC dan BTCB? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu BTCB dan Bagaimana Hubungannya dengan BTC?

BTCB adalah versi Binance dari Bitcoin yang berfungsi di Binance Smart Chain (BEP20) atau Binance Chain (BEP2). Meskipun memiliki nama yang mirip, BTCB dan BTC beroperasi di blockchain yang berbeda. Dalam teori, nilai 1 BTCB setara dengan 1 BTC.

Tujuan utama dari penciptaan BTCB adalah untuk memungkinkan interaksi Bitcoin di Binance Smart Chain. Dengan BTCB, pengguna dapat berinteraksi dengan platform DeFi di Binance Smart Chain, seperti Pancakeswap dan BakerySwap.

Binance menegaskan bahwa BTCB di-backup oleh BTC dalam rasio 1:1. Ini berarti untuk setiap BTCB yang beredar, ada setara BTC yang disimpan di alamat publik oleh Binance.

Baca Juga: Iris Energy: Ekspansi Kapasitas Mining Bitcoin Melonjak Menjelang ‘Halving’!

Mengapa BTCB Dibuat dan Bagaimana Cara Mengonversinya?

mengapa bep 2 dibuat
Sumber: IQ Wiki

Binance menciptakan BTCB sebagai respons terhadap popularitas Binance Smart Chain. Dengan BTCB, pengguna dapat memanfaatkan BTC di Binance Smart Chain, memungkinkan interaksi dengan berbagai platform DeFi yang hanya mendukung BTCB.

Untuk mengonversi BTC menjadi BTCB, pengguna dapat menarik BTC dari platform seperti Binance menggunakan jaringan BEP20 atau BEP2. Sebaliknya, untuk mengonversi BTCB kembali ke BTC, pengguna perlu mengirim BTCB ke platform yang mendukung kedua versi tersebut.

Meskipun BTCB memberikan keuntungan dalam hal biaya transaksi yang lebih rendah di Binance Smart Chain, penting untuk memastikan bahwa dompet atau platform yang Anda gunakan mendukung versi BEP20 atau BEP2 dari BTC.

Baca Juga: Integrasi BIP-324: Upgrade Bitcoin yang Akan Membuatnya Lebih Aman!

Risiko dan Pertimbangan Saat Menggunakan BTCB

Meskipun BTCB di-backup oleh BTC, selalu ada risiko terkait dengan stablecoin dan token yang di-backup. Penting untuk melakukan due diligence dan memahami risiko sebelum berinvestasi.

Saat mengirim BTCB, pastikan Anda mengirimkannya ke dompet yang mendukung deposit BEP20 dari BTC. Kesalahan dalam pengiriman dapat mengakibatkan kehilangan dana.

Meskipun BTCB menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah di Binance Smart Chain, selalu pertimbangkan kebutuhan dan tujuan investasi Anda sebelum memutuskan untuk bertransaksi dengan BTCB atau BTC.

BTCB menawarkan solusi inovatif bagi mereka yang ingin memanfaatkan kekuatan Bitcoin di Binance Smart Chain. Namun, seperti semua investasi, penting untuk memahami risiko dan manfaat sebelum terjun.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: