Bitcoin Bangkit, Apakah Ini Awal Kebangkitan Pasar Crypto?

Bitcoin Bangkit, Apakah Ini Awal Kebangkitan Pasar Crypto?

Kabar gembira bagi penggemar crypto, Bitcoin (BTC) kembali menunjukkan tajinya sebagai aset yang semakin relevan. Dengan peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis spot dan Bitcoin halving yang akan datang, banyak yang bertanya-tanya sejauh mana Bitcoin akan berkembang di akhir tahun ini.

Bitcoin Kembali ke Puncak

Optimisme pasar kembali menguat seiring dengan Bitcoin yang menunjukkan kenaikan. Peluncuran ETF spot oleh perusahaan besar seperti BlackRock (BLK), Fidelity, dan VanEck menarik perhatian besar.

Produk serupa juga akan diluncurkan di berbagai yurisdiksi, termasuk Hong Kong yang diperkirakan akan menjadi salah satu pelopor di Asia untuk ETF aset virtual berbasis spot. Kenaikan Bitcoin ini juga didorong oleh halving yang akan terjadi pada bulan April.

Baca Juga: ETF Bitcoin: Bitwise Memegang Keunggulan atas BlackRock Dengan Dana Awal $200 Juta

Halving ini diperkirakan akan meningkatkan nilai Bitcoin karena penurunan pasokan baru. Dengan adanya faktor-faktor ini, banyak yang optimis bahwa Bitcoin akan mencapai nilai yang lebih tinggi di akhir tahun.

Mata Uang Digital Berbasis Fiat

visa luncurkan cbdc hong kong

Stablecoins, deposito yang ditokenisasi, dan mata uang digital bank sentral (CBDC) semakin memperkuat konsep “keuangan internasional 2.0”. Dominasi dolar AS dalam ekonomi global mungkin akan mulai terpecah karena mata uang digital ini digunakan dalam transaksi lintas negara dan penyelesaian real-time 24/7.

Penggunaan mata uang digital ini tidak hanya memudahkan transaksi, tetapi juga menawarkan keamanan dan efisiensi yang lebih tinggi. Dengan adanya inovasi ini, kita mungkin akan melihat pergeseran dalam cara kita melakukan transaksi keuangan internasional.

Infrastruktur Digital yang Berkembang

Diskusi mengenai infrastruktur layer-1 (L1) telah menemukan beberapa pemenang yang jelas, sementara persaingan di layer-2 (L2) dan rollup masih berlangsung. Protokol berbasis Ethereum (ETH) masih mendominasi dengan ekosistem yang kuat dan komunitas pengembang yang aktif.

Dengan proposal perbaikan baru seperti ERC-4337 Account Abstraction, dominasi ini kemungkinan akan berlanjut. Solana (SOL) telah mengejutkan banyak pihak dengan ketahanan dan upaya pengembangan ekosistemnya yang kuat, terutama setelah kejadian FTX.

Hal ini terlihat dari aktivitas on-chain dan total nilai yang terkunci (TVL). Solusi skalabilitas layer-2 telah muncul di seluruh dunia, menawarkan alternatif untuk meningkatkan skalabilitas, privasi, dan efisiensi biaya.

Paragraf Penutup

Dengan berbagai perkembangan yang telah disebutkan, tahun ini diprediksi akan menjadi tahun yang menarik bagi pasar crypto. Dari Bitcoin yang kembali menarik perhatian hingga inovasi dalam mata uang digital, kita akan menyaksikan evolusi lebih lanjut dalam ekonomi digital.

Baca Juga: Terungkap! Mitos ETF Bitcoin yang Mengguncang Pasar Keuangan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi