Bitcoin Bakal Anjlok Lagi? Peter Schiff Beri Peringatan!

Bitcoin Bakal Anjlok Lagi? Peter Schiff Beri Peringatan!

Jakarta, Pintu News – Pasar kripto sedang bergejolak setelah kehilangan lebih dari $500 juta dalam posisi kripto hanya dalam 24 jam. Harga BTC jatuh tajam, membuat banyak investor mempertanyakan masa depan investasi mereka. Yang lebih menakutkan adalah banyak orang tidak melihat koreksi besar ini datang. Ketika Bitcoin tampak stabil di atas $70.000, pasar tiba-tiba jatuh dan saat ini bertahan di angka $63.000. Simak analisa lengkapnya disini!

Peter Schiff: Waspada Potensi Penurunan Harga Bitcoin yang Signifikan

Peter Schiff, seorang kritikus Bitcoin yang terkenal, telah memperingatkan tentang potensi penurunan harga yang signifikan. Schiff menyoroti penurunan Bitcoin sebesar 12,9% dari puncak tertingginya di $73.737.

Ia juga mengingat saat Bitcoin jatuh ke $16.000 pada November 2022. Schiff skeptis terhadap Bitcoin exchange-traded funds (ETF) yang sedang ramai dibicarakan. Ia menilai Bitcoin mungkin akan segera mengalami crash yang fatal, terutama setelah mengalami kenaikan nilai yang besar di tahun 2024.

Baca Juga: Sejarah Bitcoin Halving Tahun 2012 – 2024, Ketahui Detailnya Disini!

ETF Bukan Jaminan, Justru Bisa Jadi Malapetaka

peter schiff prediksi
Sumber: Akun X Peter Schiff

Schiff menekankan bahwa Bitcoin telah terkoreksi 15% dari puncaknya di hampir $74.000, meskipun tidak ada arus keluar dari Bitcoin ETF baru, kecuali Grayscale Bitcoin Trust ($GBTC). Ia berspekulasi tentang dampak potensial dari arus keluar ETF, menunjukkan bahwa masuknya Bitcoin ke dalam ETF dapat membuat cryptocurrency lebih rentan terhadap crash yang dahsyat.

Sebab, pembeli ETF biasanya adalah pedagang, bukan penganut setia Bitcoin. Schiff juga menyoroti tren historis di mana para pendukung Bitcoin sangat aktif di media sosial dengan “mata laser” selama puncak pasar bull pada tahun 2011. Tren ini, yang bahkan melibatkan selebriti dan politisi, akhirnya menuai ejekan ketika harga cryptocurrency unggulan itu jatuh pada tahun berikutnya.

Baca Juga: 5 Altcoin Terbaik di Maret 2024

Emas Lebih Tangguh, Bitcoin Rentan

Menanggapi pertanyaan pengguna tentang dampak terhadap harga emas jika ETF mulai menjual, Schiff menyatakan keyakinannya pada ketahanan emas. Ia mengutip kemampuan emas untuk mencapai rekor tertinggi baru meskipun terjadi arus keluar ETF sepanjang tahun.

Namun, ia memperingatkan bahwa Bitcoin sangat bergantung pada pembelian ETF, dan setiap penjualan ETF yang signifikan dapat memicu crash karena volume pembelian di pasar spot tidak cukup untuk mengimbangi aksi jual.

Kesimpulan

Peter Schiff meragukan dampak positif dari Bitcoin halving yang paling ditunggu-tunggu, yang seharusnya menjadi katalis bullish yang besar. Saat ini, BTC diperdagangkan pada harga $64.120. Schiff menyarankan investor untuk berhati-hati dengan Bitcoin dan mempertimbangkan emas sebagai investasi yang lebih aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi