Bitcoin Mengalami Koreksi, Menandakan Berakhirnya Tren Kenaikan?

Bitcoin Mengalami Koreksi, Menandakan Berakhirnya Tren Kenaikan?

Setelah delapan minggu berturut-turut dengan performa yang luar biasa, nilai Bitcoin (BTC) tampaknya mulai kehilangan kekuatannya. Penurunan nilai yang terjadi belakangan ini memunculkan spekulasi, apakah ini merupakan indikasi dari penyesuaian harga yang lebih ekstrem? Kita akan membahas lebih dalam tentang situasi pasar saat ini!

Pemberhentian Tren Positif Bitcoin

Berdasarkan analisis teknis pada grafik waktu mingguan, terlihat bahwa nilai Bitcoin telah mengalami kenaikan yang cukup besar sejak bulan Oktober. Di puncaknya minggu lalu, Bitcoin mencapai nilai tertinggi dalam setahun pada $44.730.

Namun, tren positif ini terhenti saat Bitcoin tidak berhasil menembus zona resistensi penting baik secara horizontal maupun menurut tingkat Fibonacci. Setelah delapan minggu dengan candlestick yang menunjukkan tren positif, minggu lalu Bitcoin membentuk candlestick negatif pertamanya.

Ini menunjukkan bahwa Bitcoin kembali berada di bawah level resistensi utama, menandakan adanya penyimpangan dari tren kenaikan yang sebelumnya terjadi.

Baca Juga: Terungkap! Aktivitas “Whale” SHIB Mencengangkan Pasar dengan Transaksi $110 Juta

Proyeksi Harga dan Analisis dari Para Pakar

Para trader dan analis crypto di berbagai media menunjukkan pandangan negatif terhadap tren jangka pendek BTC. IncomeSharks memprediksi adanya gap pada CME di kisaran harga $40.000 yang dipercaya akan terisi.

Rager mengemukakan bahwa nilai BTC mungkin akan menguji kembali moving average-nya, mengingat lonjakan harga saat ini yang terlalu tinggi. CredibleCrypto juga menyampaikan pandangan negatif untuk jangka pendek berdasarkan analisis gelombang.

Meskipun demikian, ia tetap optimis bahwa akan ada satu lonjakan harga lagi sebelum terjadi penyesuaian besar. Prediksi ini didasarkan pada teori Elliott Wave yang sering digunakan oleh analis teknis untuk mengenali pola harga yang berulang dalam jangka panjang.

Baca Juga: 3 Crypto Terbaik Hari Ini (19/12/23): ASTR, STX, dan INJ

Apakah Penyesuaian Harga Sudah Dimulai?

analisa btc rager
Sumber: Akun X Rager

Mengacu pada teori Elliott Wave, BTC sepertinya telah memulai gelombang keempat dari lima gelombang kenaikan yang dimulai pada bulan September. Dengan adanya divergensi negatif yang signifikan pada RSI harian, gelombang ketiga mungkin telah berakhir.

Divergensi negatif adalah situasi di mana kenaikan harga tidak didukung oleh momentum yang kuat, yang biasanya diikuti oleh penurunan harga. Target awal untuk dasar gelombang keempat berada di level dukungan retracement Fibonacci 0,382 dengan harga $37.650, yang 8% lebih rendah dari nilai BTC saat ini.

Meskipun proyeksi harga ini cenderung negatif, kenaikan di atas nilai tertinggi tahunan akan menunjukkan bahwa penyesuaian telah berakhir, yang bisa memicu kenaikan hingga 23% menuju level resistensi jangka panjang selanjutnya di $50.500.

Dengan beragam analisis dan proyeksi yang ada, pasar crypto saat ini dipenuhi dengan ketidakpastian. Apakah ini merupakan peluang untuk membeli pada titik terendah atau permulaan dari penurunan yang lebih tajam?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: