Bitcoin Anjlok Hingga $39.000, Pasar Crypto Kehilangan Miliaran Dalam Sekejap!

author:

Bitcoin Anjlok Hingga $39.000, Pasar Crypto Kehilangan Miliaran Dalam Sekejap!

Kerugian besar melanda pasar crypto saat Bitcoin tergelincir di bawah $39.000, memicu kepanikan di kalangan investor. Dalam waktu 24 jam, likuidasi mencapai angka yang mengejutkan, menandakan ketidakpastian yang semakin meningkat di pasar mata uang digital.

Badai Likuidasi Mengguncang Pasar

Pasar crypto baru-baru ini dikejutkan dengan penurunan harga Bitcoin yang tajam, menyentuh angka di bawah $39.000. Penurunan ini memicu likuidasi besar-besaran yang mencapai $320 juta dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Arkham Intelligence Temukan Alamat on-chain ETF Bitcoin Blackrock dan Lainnya!

Menurut data dari Coinglass, lebih dari 124.153 pedagang mengalami likuidasi, dengan pesanan likuidasi terbesar tercatat di Bybit senilai $5 juta. Dalam sepekan, harga Bitcoin telah merosot lebih dari 9%, dan dalam sebulan tercatat turun sekitar 10,72%.

Penurunan ini terjadi setelah Bitcoin sempat melonjak hingga mencapai puncak dua tahun lebih dari $49.000, menyusul persetujuan SEC terhadap 11 ETF Bitcoin. Namun, tekanan jual yang besar, termasuk dari GBTC, telah mempengaruhi harga mata uang digital ini.

Analisis Pasar Menunjukkan Tren Bearish

Analisis pasar menunjukkan bahwa sentimen bearish mungkin akan terus berlanjut. Seorang analis dari Bitfinex memprediksi bahwa penurunan harga yang signifikan masih mungkin terjadi.

Level harga kritis untuk Bitcoin yang bisa memberikan dukungan diperkirakan berada di antara $38.000 dan $36.000. Banyak investor yang membeli Bitcoin kurang dari sebulan lalu kini terpaksa keluar dari pasar dengan kerugian.

Penurunan keuntungan rata-rata bagi pemegang jangka pendek, yang cenderung bereaksi cepat terhadap fluktuasi pasar, bisa menjadi tanda awal tekanan jual yang lebih besar.

Baca juga: Bikin Geger! Bug Ethereum Ancam Jutaan Validator, Apa Dampaknya?

Ethereum dan Altcoin Ikut Terperosok

harga ethereum turun
Sumber: CryptoSlate

Sementara itu, Ethereum juga mengalami penurunan, dengan harga turun 6% menjadi $2.230. Penurunan ini bisa jadi karena tekanan jual yang besar dari Ethereum Foundation. Selain itu, Ethereum mencatatkan aliran keluar terbesar dengan jumlah $13,6 juta.

Altcoin lain seperti Solana (SOL) dan Avalanche (AVAX) juga mengalami penurunan, masing-masing sebesar 8% dan hampir 10%. Stablecoin seperti DAI dan TRON juga terlihat merah, dengan penurunan kurang dari 1% dalam 24 jam terakhir.

Kondisi pasar crypto saat ini menunjukkan bahwa volatilitas dan ketidakpastian masih akan terus menjadi bagian dari investasi mata uang digital. Investor disarankan untuk tetap waspada dan mempertimbangkan risiko sebelum memasuki pasar yang penuh gejolak ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: