Harga Bitcoin (BTC) Anjlok, Ratusan Juta Dolar Menguap dalam Sekejap!

Harga Bitcoin (BTC) Anjlok, Ratusan Juta Dolar Menguap dalam Sekejap!

Pekan ini, pasar crypto dikejutkan dengan koreksi harga Bitcoin yang tiba-tiba, mengakibatkan kerugian besar bagi para investor. Dalam hitungan jam, harga Bitcoin terkoreksi hingga 7%, memicu likuidasi posisi long yang mencapai ratusan juta dolar. Kejadian ini menjadi peringatan bagi kamu yang terlalu optimis dengan pergerakan harga crypto yang terus naik. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Koreksi Harga Bitcoin Mengguncang Pasar

Koreksi harga Bitcoin yang mencapai 7% telah menyebabkan likuidasi besar-besaran di pasar crypto. Hampir $100 juta posisi long terlikuidasi hanya dalam satu hari, dengan total kerugian lintas crypto mencapai lebih dari $300 juta.

Para analis dan penambang Bitcoin merasa lega, meskipun banyak investor yang terkejut dengan pergerakan harga yang tidak terduga ini. Koreksi ini terjadi setelah Bitcoin menunjukkan kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir.

Namun, para pelaku pasar yang berpengalaman telah mengantisipasi penurunan ini, mengingat tidak ada aset yang bisa terus naik tanpa henti. Koreksi dianggap normal dan bahkan sehat untuk pasar, meskipun fluktuasi harian seringkali tidak memberikan gambaran yang jelas tentang tren pasar.

Baca Juga: Market Merah, Harga Bitcoin (BTC) Anjlok 2,66%! Kenapa Crypto Turun Hari Ini?

Peristiwa Makro dan Dampaknya pada Bitcoin

suku bunga target
Grafik probabilitas suku bunga target Fed. Sumber: CME Group

Pekan ini, pasar makro AS menyajikan sejumlah data penting yang bisa memicu volatilitas di pasar crypto. Rilis data Indeks Harga Konsumen (CPI) dan Indeks Harga Produsen (PPI) diikuti dengan keputusan suku bunga Federal Reserve. Meskipun data ini tidak akan langsung mempengaruhi kebijakan, namun telah ada indikasi bahwa inflasi mulai menurun.

Keputusan suku bunga Fed dan konferensi pers yang diadakan oleh Ketua Fed, Jerome Powell, diperkirakan akan menjadi sumber volatilitas tambahan. Pasar telah memperkirakan tidak akan ada perubahan suku bunga bulan ini, tetapi kemungkinan akan ada pemotongan pada pertengahan tahun 2024. Data ini menjadi penting bagi investor crypto untuk memantau potensi pergerakan harga Bitcoin.

Baca Juga: Geger di Pasar Crypto: ‘Bug’ Bitcoin Berpotensi Mengakhiri Era Ordinals, Harga ORDI Terpuruk!

Analisis On-Chain dan Prediksi Harga Bitcoin

key event crypto
Sumber: Akun X The Kobeissi Letter

Analisis on-chain menunjukkan beberapa tanda peringatan sebelum terjadinya koreksi harga Bitcoin. Salah satunya adalah metrik rasio pasokan stablecoin (SSR), yang menunjukkan keinginan pasar untuk beralih dari stablecoin ke Bitcoin. Ini bisa menjadi indikasi optimisme yang berlebihan dan tidak berkelanjutan.

Meskipun terjadi koreksi, beberapa analis masih optimis dengan target harga Bitcoin yang lebih tinggi. Data on-chain menunjukkan bahwa ada kluster alamat yang melakukan pembelian Bitcoin dalam volume besar pada harga rata-rata $48.050. Hal ini menunjukkan bahwa harga $48.000 bisa menjadi target harga yang menarik bagi Bitcoin dalam jangka pendek.

Koreksi harga Bitcoin yang terjadi baru-baru ini merupakan pengingat bagi kamu bahwa pasar crypto sangat fluktuatif dan penuh dengan risiko. Meskipun demikian, analisis dan prediksi dari para ahli masih memberikan harapan bagi masa depan Bitcoin. Sebagai investor, penting bagi kamu untuk selalu melakukan riset sendiri sebelum mengambil keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: