Bitcoin Terguncang, Fear and Greed Index Crypto Sentuh Titik Terendah dalam 100 Hari!

author:

Bitcoin Terguncang, Fear and Greed Index Crypto Sentuh Titik Terendah dalam 100 Hari!

Ketidakpastian melanda pasar crypto saat Fear & Greed Index atau Indeks Ketakutan dan Keserakahan mencapai titik terendah dalam 100 hari terakhir. Meskipun ada persetujuan ETF Bitcoin di Amerika Serikat, harga Bitcoin tetap tidak terangkat.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi di balik layar pasar crypto saat ini?

Indeks Sentimen Crypto Terjun Bebas

Grafik satu tahun Indeks Ketakutan & Keserakahan Crypto menunjukkan peningkatan sentimen menjelang persetujuan ETF Bitcoin dan penurunan setelahnya – Sumber: alternative.me

Fear & Greed Index Crypto, yang menjadi barometer emosi pasar, telah tergelincir ke angka 48. Ini menandakan penurunan sentimen pasar crypto ke level terendah dalam 100 hari terakhir.

Baca juga: Bitcoin Anjlok Hingga $39.000, Pasar Crypto Kehilangan Miliaran Dalam Sekejap!

Hanya dalam satu hari, indeks ini turun dua poin, dan jika dibandingkan dengan minggu lalu, penurunannya mencapai 15 poin. Pada tanggal 24 Januari 2024, indeks ini berada di zona “Netral”, jauh berbeda dari minggu sebelumnya yang menunjukkan “Greed”.

Terakhir kali indeks ini serendah ini adalah pada 16 Oktober 2023, ketika Bitcoin diperdagangkan di atas $28.500. Indeks ini mengukur berbagai indikator kinerja pasar, termasuk volatilitas, momentum pasar, media sosial, survei, dominasi Bitcoin, dan tren.

ETF Bitcoin Gagal Angkat Harga

Bitcoin sempat menyentuh harga tertinggi dalam dua tahun pada $47.000 pada 8 Januari, beberapa hari sebelum persetujuan ETF Bitcoin spot di AS. Namun, sejak persetujuan produk ETF baru, harga Bitcoin terus merosot hingga di bawah $40.000.

ETF Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) khususnya, mengalami outflow lebih dari $2 miliar sejak konversinya menjadi ETF. Outflow ini juga diikuti oleh outflow bersih dari 10 ETF Bitcoin spot lainnya.

Meskipun ada harapan tinggi terhadap persetujuan ETF spot, yang seharusnya memberikan optimisme pasar, kenyataannya malah sebaliknya. Indeks sentimen mencapai puncaknya pada 76, sehari setelah persetujuan beberapa dana Bitcoin, namun kini justru terperosok.

Baca juga: Invesco dan WisdomTree Memicu Pertarungan Biaya ETF Bitcoin Eropa!

Prospek Pasar Crypto ke Depan

Meskipun saat ini pasar crypto berada dalam ketidakpastian, banyak pelaku pasar masih menantikan pergerakan selanjutnya. Sentimen “Greed” yang sempat ada di akhir tahun lalu kini telah berganti menjadi netralitas yang penuh kehati-hatian.

Apakah ini akan menjadi awal dari pemulihan atau penurunan lebih lanjut, waktu yang akan menjawab. Para investor dan pengamat pasar kini menunggu dengan penuh antisipasi. Mereka mencari tanda-tanda apakah ini hanya koreksi sementara atau awal dari tren bearish yang lebih panjang.

Dengan dinamika pasar yang cepat berubah, satu-satunya kepastian adalah ketidakpastian itu sendiri.

Dalam dunia investasi crypto, volatilitas adalah norma, bukan pengecualian. Indeks Ketakutan dan Keserakahan yang anjlok ini mungkin hanya satu dari banyak gejolak yang akan kamu saksikan.

Tetaplah waspada dan informasikan diri kamu dengan perkembangan terkini untuk navigasi yang lebih baik di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: