Heboh! Bitcoin Anjlok, Saatnya Altseason Bersinar?

author:

Heboh! Bitcoin Anjlok, Saatnya Altseason Bersinar?

Koreksi harga Bitcoin yang tajam pada 11 Desember 2023 kemarin menimbulkan spekulasi tentang dimulainya era kejayaan mata uang digital alternatif atau altcoin. Penurunan ini tidak hanya mempengaruhi Bitcoin tetapi juga menyebabkan penurunan harga altcoin lainnya. Namun, para analis percaya bahwa ini hanyalah bagian dari siklus harga yang berkelanjutan.

Koreksi Harga Bitcoin: Sinyal Awal Altseason?

Pasar crypto baru-baru ini dikejutkan dengan penurunan harga Bitcoin yang mencapai titik terendah dalam empat bulan, yaitu $41.329. Penurunan ini diikuti oleh altcoin yang juga mengalami penurunan hingga dua digit.

Baca juga: Market Merah, Harga Bitcoin (BTC) Anjlok 2,66%! Kenapa Crypto Turun Hari Ini?

altseason 2024
Sumber: X

Analis crypto Will Clemente menilai bahwa koreksi seperti ini adalah hal yang normal setelah periode bullish yang panjang. Koreksi ini berfungsi untuk mengeliminasi investor yang kurang komitmen dan mengurangi leverage yang berlebihan di pasar.

Setelah kenaikan yang signifikan selama dua bulan, Bitcoin mengalami koreksi yang dianggap sebagai bagian dari siklus harga yang sehat. Koreksi ini juga membantu mengurangi posisi leverage yang terlalu tinggi di pasar, yang pada akhirnya dapat membentuk dasar yang lebih kuat untuk kenaikan harga di masa depan.

Meskipun demikian, harga Bitcoin telah pulih dan kembali berada di atas $42.000.

Likuidasi dan Optimisme Pasar

Koreksi pasar yang tajam juga menyebabkan likuidasi posisi leverage crypto yang mencapai lebih dari $400 juta. Hal ini membersihkan pasar dari spekulasi yang berlebihan. Namun, analis crypto lainnya, Hitesh.eth, menunjukkan bahwa akun dengan lebih dari 1 BTC terus membeli Bitcoin dan para whale juga terus mengumpulkan Bitcoin. Ini menunjukkan adanya akumulasi yang terjadi di tengah minat yang meningkat dari institusi keuangan dan dorongan untuk ETF Bitcoin spot pertama.

Peningkatan likuidasi trader yang mengambil posisi long menunjukkan sentimen bearish yang meningkat di pasar. Namun, para ahli pasar tetap optimis dalam jangka pendek, dengan harapan persetujuan beberapa ETF crypto spot. Hal ini dapat membawa aliran dana baru ke pasar crypto, yang mendukung momentum bullish meskipun tren saat ini tampak bearish.

Baca juga: Strategi Jitu Whale Bitcoin Raup Keuntungan Fantastis!

Antusiasme Altcoin dan Potensi Altseason

altseason 2024
Sumber: X

Platform analitik on-chain Santiment melaporkan peningkatan pembicaraan di media sosial yang mendorong untuk ‘membeli saat harga turun’. Ini menunjukkan keyakinan komunitas yang kuat akan pemulihan dan pertumbuhan altcoin.

Penurunan dominasi Bitcoin, yang saat ini sekitar 54%, bisa jadi merupakan indikasi awal dari altseason yang dinanti. Dengan adanya permintaan tinggi dari manajer dana institusional untuk produk investasi crypto, ini bisa menjadi faktor yang mendukung optimisme pasar.

Altseason yang ditunggu-tunggu mungkin akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan, didorong oleh redistribusi aliran dana crypto dari Bitcoin ke industri altcoin sesuai dengan tren kapitalisasi pasar. Altcoin siap menjadi pusat perhatian, membuka peluang baru bagi trader dan investor.

Dengan semua dinamika yang terjadi di pasar crypto, para investor dan pengamat pasar harus tetap waspada. Perubahan harga yang cepat dan tak terduga ini menandakan bahwa kita mungkin berada di ambang altseason yang sesungguhnya. Apakah kamu sudah siap untuk peluang yang mungkin datang bersamaan dengan pergeseran ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: