Apakah Bitcoin Mengancam Keamanan Siber Amerika Serikat? Simak Reaksi Luke Dashjr!

Apakah Bitcoin Mengancam Keamanan Siber Amerika Serikat? Simak Reaksi Luke Dashjr!

Kontroversi terbaru di dunia crypto telah muncul, mengguncang komunitas Bitcoin dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan ahli keamanan siber Amerika Serikat. I

nsiden ini melibatkan inskripsi Bitcoin Ordinal yang telah menarik perhatian karena potensi risikonya terhadap keamanan data. Luke Dashjr, pengembang inti Bitcoin, telah mengidentifikasi celah keamanan ini dan berjanji akan memperbaikinya pada tahun 2024.

Penemuan Celah Keamanan oleh Luke Dashjr

Luke Dashjr, pengembang Bitcoin Core, telah mengungkapkan adanya kerentanan dalam Bitcoin Knots yang diberi kode CVE-2023-50428. CVE merupakan singkatan dari Common Vulnerabilities and Exposures, sebuah sistem yang digunakan untuk menyediakan informasi terbuka tentang kerentanan keamanan.

Baca Juga: Target Harga Bitcoin $50K, Apakah Masih Mungkin?

Kerentanan ini memungkinkan pelaku untuk melewati batasan ukuran data carrier pada versi tertentu dari Bitcoin Core dan Bitcoin Knots. Akibatnya, data dalam bentuk kode dapat disisipkan ke dalam blockchain. Skor keparahan kerentanan ini mendekati nilai “5,3 Medium”, menandakan bahwa ini bukanlah masalah yang bisa dianggap remeh.

Reaksi dan Tanggapan dari Komunitas Crypto

prediksi bitcoin vaneck
The image created by AI

Database Kerentanan Nasional (NVD), yang berada di bawah National Institute of Standards and Technology (NIST), telah mengklasifikasikan inskripsi Bitcoin sebagai risiko keamanan siber. Pada tanggal 9 Desember, NVD mempresentasikan temuan ini dan menyoroti dampaknya terhadap protokol Ordinals yang dikembangkan oleh Casey Rodarmor.

Luke Dashjr sendiri telah menyangkal keterlibatannya dengan inskripsi BTC ini. Meskipun ia mendapat kritik dari berbagai pihak terkait klasifikasi NVD, Dashjr menegaskan kepada Cointelegraph bahwa ia tidak terlibat dalam proses klasifikasi tersebut.

Langkah Perbaikan dan Masa Depan Bitcoin

Dalam menghadapi masalah ini, Luke Dashjr telah berkomitmen untuk mengembangkan perbaikan yang diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2024. Ini menunjukkan keseriusan para pengembang dalam menjaga keamanan dan integritas Bitcoin.

Komunitas Bitcoin dan para pengguna crypto di seluruh dunia menantikan solusi yang akan mengatasi kerentanan ini. Kepercayaan terhadap Bitcoin sebagai mata uang digital yang aman sangat bergantung pada kemampuan para pengembang untuk menanggulangi masalah keamanan seperti ini.

Paragraf Penutup

Kerentanan dalam Bitcoin Knots telah menjadi perhatian serius bagi keamanan siber Amerika Serikat. Dengan janji perbaikan dari Luke Dashjr, komunitas crypto kini menunggu langkah selanjutnya dalam memastikan keamanan dan kestabilan Bitcoin. Apakah ini akan menjadi titik balik bagi masa depan crypto? Hanya waktu yang akan menjawab.

Baca Juga: Mining Grid Luncurkan ‘Mining Race’: Masa Depan Cerah bagi Penambang Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi