Bitcoin dan Altcoin Alami Penurunan Tajam, Apa yang Terjadi?

Bitcoin dan Altcoin Alami Penurunan Tajam, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Dalam sehari yang penuh gejolak di pasar crypto, Bitcoin (BTC) dan altcoin menunjukkan penurunan harga yang signifikan. Dampak yang terjadi tidak hanya berpengaruh pada investor crypto tetapi juga menciptakan suasana waspada di seluruh pasar keuangan global.

Bitcoin Menyentuh Angka Terendah Baru

Bitcoin, yang sering dianggap sebagai barometer pasar crypto, turun tajam ke level $65.000, angka terendah baru untuk tahun ini. Penurunan ini terjadi menjelang halving Bitcoin yang tinggal beberapa hari lagi, suatu event yang biasanya meningkatkan harga. Namun, ketidakpastian saat ini telah membuat para Bitcoin whale, yang biasanya membeli dalam jumlah besar, tidak cukup untuk mempertahankan harga.

Baca Juga: Worldcoin: Dari Mata Uang Identitas hingga Pembelian Kambing

Kesediaan mereka untuk terus membeli terlihat jelas dari data yang menunjukkan bahwa permintaan dari para whale telah melebihi pasokan Bitcoin yang baru. Ini, bersama dengan masuknya dana ke dana yang diperdagangkan di bursa crypto, pada teorinya bisa mendorong harga Bitcoin lebih tinggi, meskipun realitanya tampak berbeda saat ini.

Altcoins Ikut Melemah

Tidak hanya Bitcoin, altcoin seperti Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), dan Solana (SOL) juga mengalami penurunan yang mencolok. Misalnya, BNB yang sempat menembus atas pola segitiga simetris, namun kemudian ditarik kembali ke dalam pola oleh para penjual yang agresif.

Ethereum, berada dalam rentang perdagangan yang ketat, memperlihatkan ketidakpastian pasar dengan potensi penurunan lebih lanjut jika mendobrak di bawah dukungan kuatnya. Altcoin lainnya, seperti XRP dan Dogecoin, juga menunjukkan gejolak yang serupa, dengan indikator teknis yang menunjukkan potensi penurunan lebih lanjut.

Faktor Eksternal Meningkatkan Ketidakstabilan

Peningkatan tajam pada harga emas sebagai aset safe-haven dan penguatan obligasi serta indeks dolar AS menunjukkan bahwa para trader mencari keamanan di tengah ketidakpastian pasar global. Penurunan ini bukan hanya mempengaruhi pasar crypto, tetapi juga menunjukkan kekhawatiran yang lebih luas tentang aset berisiko.

Penurunan harga Bitcoin ke $66.000 dan jatuhnya harga altcoin sebesar 10-15% merupakan peringatan keras bagi investor tentang volatilitas yang masih sangat mungkin terjadi di pasar crypto. Ini menggarisbawahi pentingnya manajemen risiko dan perencanaan yang matang dalam investasi crypto.

Baca Juga: Binance Labs: Transformasi Menyeluruh ke Crypto Bitcoin dan DeFi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi