Bitcoin dan Altcoin: Gelombang Kenaikan yang Tak Terbendung!

Bitcoin dan Altcoin: Gelombang Kenaikan yang Tak Terbendung!

Kabar gembira bagi para penggemar crypto, Bitcoin mencatatkan kenaikan untuk bulan ketiga berturut-turut, memicu kebangkitan mata uang crypto alternatif atau altcoin. Kenaikan ini tidak hanya mempengaruhi Bitcoin, tetapi juga mendorong total nilai pasar semua proyek crypto, kecuali Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH), mencapai puncak yang terakhir kali terlihat pada Agustus 2022.

Investasi Infrastruktur dan Web3

Di tengah ketidakpastian geopolitik global dan tingginya suku bunga di Uni Eropa dan Amerika Serikat, sektor crypto VC (venture capital) mengalami lonjakan pendanaan selama November.

Pendanaan yang masuk mencapai $973 juta melalui 93 kesepakatan terpisah, aktivitas terbesar sejak Juni 2023, menandakan peningkatan hampir 40% dari bulan sebelumnya. Kegiatan modal ventura dan reli moderat pada altcoin menunjukkan pergeseran modal ke aset berisiko lebih tinggi.

Baca Juga: Harga Bonk (BONK) Meroket, Ini Beberapa Faktor Utamanya!

Tren ini diperkirakan akan meningkat setelah potensi persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat. Analis ETF terkemuka, James Seyffart dan Eric Baluchnas, baru-baru ini meningkatkan estimasi kemungkinan persetujuan hingga 90% pada 10 Januari mendatang.

Lonjakan Aset di Bawah Manajemen

etf bitcoin news
The image created by AI

Fondasi aset digital terus mengalami momentum positif seiring dengan kenaikan harga aset menjelang akhir tahun dan optimisme terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat. CoinShares melaporkan aset di bawah manajemen (AUM) crypto sebesar $50,2 miliar meskipun tercatat aliran keluar dari Bitcoin dan Ethereum (ETH) dalam tujuh hari terakhir.

Grayscale Investments memimpin dengan AUM sebesar $33 miliar, diikuti oleh CoinShares XBT dan 21Shares AG dengan masing-masing $2,3 miliar dan $2 miliar. Secara geografis, Amerika Serikat memimpin dengan $36,6 miliar AUM, memicu spekulasi lebih lanjut tentang dorongan untuk persetujuan ETF.

Altcoin Mendorong AUM

Kenaikan harga altcoin juga berkontribusi pada peningkatan AUM meskipun BTC tetap menjadi faktor utama. ETH mencatatkan penerimaan baru setelah bulan-bulan mengalami aliran keluar, yang menempatkan aset tersebut pada inflow tahunan sebesar $15 juta dan AUM-nya sebesar $9,5 miliar.

Solana tetap menjadi favorit institusional dengan total AUM sebesar $588 juta setelah mendapatkan $10,6 juta pekan lalu. Kenaikan harga altcoin yang sedikit setelah koreksi sebelumnya telah ditunjuk sebagai faktor kunci untuk pergerakan ke dalam dana institusional.

Paragraf Penutup

Dengan kenaikan beruntun yang terjadi pada Bitcoin dan altcoin, pasar crypto menunjukkan tanda-tanda kebangkitan yang kuat. Investor crypto institusional menunjukkan minat yang diperbarui, menandakan era baru bagi crypto yang mungkin segera terjadi dengan persetujuan ETF yang dinantikan.

Baca Juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: Shiba Inu Luncurkan Domain Eksklusif “.shib”!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi