Bitcoin (BTC) Diprediksi Konsolidasi Sebelum Halving, Gimana Prospek Jangka Panjangnya?

Bitcoin (BTC) Diprediksi Konsolidasi Sebelum Halving, Gimana Prospek Jangka Panjangnya?

Bitcoin sedang bersiap untuk mengalami konsolidasi harga sebelum peristiwa halving berikutnya, yang diperkirakan akan terjadi pada bulan April 2024. Menurut analis pasar, Filbfilb dari DecenTrader, harga Bitcoin akan bergerak sideways selama sekitar satu bulan sebelum mulai bereaksi terhadap halving.

Hal ini didasarkan pada pola yang terjadi pada halving sebelumnya, di mana harga Bitcoin cenderung mengalami kenaikan sebelum halving dan kemudian mengalami penurunan setelahnya. Simak analisa lengkapnya pada berita berikut ini!

Konsolidasi Harga Bitcoin Sebelum Halving

Analis memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan mengalami konsolidasi sebelum halving berikutnya. Konsolidasi ini diperkirakan akan berlangsung selama sekitar satu bulan, sebelum harga mulai bereaksi terhadap halving.

analisa btc menjelang halving
Sumber: Akun X Michael Van de Poppe

Selama periode konsolidasi ini, harga Bitcoin diperkirakan akan bergerak dalam kisaran $43.000 hingga $49.000. Setelah periode konsolidasi berakhir, harga Bitcoin diperkirakan akan mengalami kenaikan menjelang halving.

Kenaikan ini diperkirakan akan mencapai puncaknya sekitar dua minggu sebelum halving, dengan harga Bitcoin mencapai $49.000. Namun, setelah halving terjadi, harga Bitcoin diperkirakan akan mengalami penurunan, mengikuti pola yang terjadi pada halving sebelumnya.

Baca Juga: Outflow GBTC Turun 70%, Bitcoin Naik ke $43.000!

Dampak Halving pada Harga Bitcoin

grafik perbanding bull market
Grafik perbandingan pasar bull Bitcoin. Sumber: DecenTrader

Halving adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana hadiah yang diberikan kepada penambang Bitcoin dipotong setengahnya. Hal ini menyebabkan pasokan Bitcoin menjadi lebih langka, yang pada gilirannya dapat mendorong kenaikan harga. Namun, dampak halving pada harga Bitcoin tidak selalu langsung terjadi.

Pada halving sebelumnya, yang terjadi pada tahun 2020, harga Bitcoin mengalami penurunan setelah halving terjadi. Namun, beberapa bulan kemudian, harga Bitcoin mulai naik dan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada bulan November 2021. Hal ini menunjukkan bahwa dampak halving pada harga Bitcoin dapat terjadi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Whale Bitcoin Meningkatkan Kepemilikan Sebesar 4,5%, Apakah BTC Bersiap untuk Rally?

Prediksi Harga Bitcoin Jangka Panjang

Meskipun harga Bitcoin diperkirakan akan mengalami penurunan setelah halving, analis tetap optimis tentang prospek jangka panjang Bitcoin. Filbfilb memperkirakan bahwa harga Bitcoin dapat mencapai $500.000 pada tahun 2025. Prediksi ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk meningkatnya adopsi Bitcoin oleh institusi dan investor ritel, serta semakin langkanya pasokan Bitcoin.

Kesimpulan

Konsolidasi harga Bitcoin sebelum halving berikutnya merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini mengikuti pola yang terjadi pada halving sebelumnya, di mana harga Bitcoin cenderung mengalami kenaikan sebelum halving dan kemudian mengalami penurunan setelahnya. Namun, dalam jangka panjang, analis tetap optimis tentang prospek Bitcoin dan memperkirakan bahwa harga Bitcoin dapat mencapai $500.000 pada tahun 2025.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi