JPMorgan dan Visa Kenalkan Pembayaran Blockchain Lintas Batas

JPMorgan dan Visa Kenalkan Pembayaran Blockchain Lintas Batas

JPMorgan dan Visa, dua nama perusahaan besar dalam keuangan tradisional, akan menghubungkan blockchain pribadi mereka untuk menyederhanakan pembayaran antar negara. Saat ini, transaksi internasional umumnya dilakukan melalui bank koresponden yang beroperasi di zona waktu yang berbeda.

Transaksi pembayaran lintas batas ini juga umumnya masih dilakukan dengan mata uang yang berbeda dengan menggunakan sistem pesan keuangan SWIFT. Melihat tantangan sistem pembayaran lintas batas ini, JPMorgan kemudian mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Confirm sebagai produk saingan dari sistem pesan keuangan SWIFT.

Teknologi Blockchain Membantu Memperbaiki Masalah Pembayaran Lintas Batas

CNBC

JPMorgan menyiapkan aplikasi Confirm yang berfungsi untuk mengkonfirmasi otentikasi pihak yang bertransaksi untuk blockchain pembayaran lintas batas milik JPMorgan bernama Liink. Diluncurkan pada tahun 2017 sebagai Interbank Information Network, Liink memungkinkan institusi untuk bertukar informasi terkait pembayaran dengan cepat dan aman.

Menurut JPMorgan, kesalahan informasi akun menyebabkan 66% dari kegagalan pembayaran lintas batas setiap tahunnya. Hal ini kemudian merugikan ekonomi global hingga $118 miliar per tahun.

Aplikasi Confirm diharapkan dapat memperbaiki masalah kegagalan pembayaran tersebut sekaligus menangani kasus penipuan dengan mengkonfirmasi identitas akun penerima pembayaran yang dituju. Menurut penuturan JPMorgan, aplikasi Confirm diyakini mampu memvalidasi lebih dari dua miliar akun di 3.500 lembaga keuangan.

Deutsche Bank Bantu Memandu Rencana Ekspansi Strategis Visa

Bloomberg.com

Perusahaan pembayaran global Visa mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan Confirm, aplikasi yang memvalidasi pembayaran melalui peer-to-peer yang aman milik JPMorgan.

Confirm akan membantu untuk mengotorisasi informasi akun untuk blockchain pembayaran lintas batas milik Visa yang bernama B2B Connect. Sementara itu, Deutsche Bank asal Jerman juga baru saja mengkonfirmasi bahwa mereka telah bergabung dengan anggota pendiri Confirm untuk membantu rencana ekspansi strategis ini.

Menurut Global Head Confirm Alex Littleton, pertumbuhan Confirm sangat dipengaruhi oleh efek jaringan. Kehadiran Deutsche Bank sebagai anggota pendiri Confirm akan membantu membangun interkonektivitas blockchain Visa B2B dan mempercepat adopsi layanan pembayaran blockchain lintas batas dalam skala global.

Baca Juga: Tak Disangka! Bank di Seluruh Dunia Miliki Aset Crypto 9,4 Miliar Euro!

JPMorgan Tingkatkan Perekrutan Web3

JPMorgan ekspansi bisnis ke Metaverse

Source: Twitter TheBlock_

Pengembangan pembayaran blockchain lintas batas ini merupakan langkah terbaru yang dilakukan oleh perusahaan keuangan tradisional JPMorgan untuk beralih ke ekosistem Web3.

Oleh karena itu, JPMorgan membutuhkan beberapa tenaga ahli yang memiliki kapabilitas untuk mengembangkan strategi bisnis JPMorgan ke dalam Web3.

Pada bulan September 2022 lalu, JPMorgan diketahui mengiklankan lowongan pekerjaan untuk posisi senior yang berfokus pada pengembangan produk bank di Web 3, crypto, dan Metaverse.

Referensi:

Brian Quarmby. SWIFT action: JPMorgan and Visa team up on cross-border blockchain payments. Diakses tanggal: 14-10-22

Emily Mason. J.P. Morgan And Visa Bridge Their Private Blockchain Networks To Streamline Global Payments. Diakses tanggal: 14-10-22

Nicholas Pongratz. JPMorgan and Visa Team Up on Blockchains To Make International Payments Easier. Diakses tanggal: 14-10-22