Binance.US Diusir dari Oregon, CZ Divonis 4 Bulan Penjara!

Binance.US Diusir dari Oregon, CZ Divonis 4 Bulan Penjara!

Jakarta, Pintu News – Mantan CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao, dijatuhi hukuman 4 bulan penjara oleh pengadilan Amerika Serikat karena melanggar undang-undang pencucian uang. Jaksa sebelumnya telah merekomendasikan hukuman 3 tahun penjara karena gagal mempertahankan program Anti-Pencucian Uang yang efektif saat menjabat di bursa crypto tersebut.

Hukuman Ringan untuk CZ

Hakim Richard Jones menyatakan tidak ada bukti bahwa Zhao “pernah diberitahu” tentang aktivitas ilegal tertentu di Binance, sehingga menolak permintaan jaksa untuk memperberat hukuman dari 18 bulan menjadi tiga tahun.

Hukuman 4 bulan penjara dan denda miliaran dolar mungkin tampak seperti hukuman yang ringan bagi otoritas AS, yang telah menyelidiki mantan eksekutif dan kerajaan crypto miliknya selama 6 tahun terakhir. Aaron Lane, seorang dosen hukum senior di RMIT Blockchain Innovation Hub Melbourne, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa pencegahan umum tampaknya menjadi alasan utama di balik hukuman penjara tersebut.

Baca Juga: Mantan CEO Binance, Changpeng Zhao, Umumkan Proyek Pendidikan Baru!

Lane berpendapat bahwa AS “dibenarkan” dalam mengajukan tuntutan terhadap Zhao. Meskipun tuduhan itu serius, namun “bersifat administratif” dan tidak dapat dibandingkan secara langsung dengan hukuman penipuan yang diterima oleh salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried, yang dijatuhi hukuman 25 tahun penjara.

Perbedaan Perlakuan terhadap CZ dan SBF

sam bankman
Sumber: Forbes

Namun, banyak pihak di dalam dan luar dunia crypto mempertanyakan mengapa kedua pemimpin industri tersebut menerima perlakuan yang sangat berbeda dalam sistem hukum AS. Sementara itu, Oregon menjadi negara bagian keenam yang mencabut, menangguhkan, atau menolak memperbarui lisensi Binance.US untuk beroperasi di sana, menyusul serangkaian penolakan pada tahun 2024.

Dampak Hukuman terhadap Binance.US

Pencabutan lisensi Binance.US di Oregon merupakan pukulan telak bagi perusahaan tersebut, yang telah berjuang untuk mendapatkan kepercayaan regulator di Amerika Serikat. Binance.US telah menghadapi pengawasan ketat dari regulator AS dalam beberapa tahun terakhir, dan hukuman terhadap Zhao kemungkinan akan semakin memperburuk situasi.

Penutup

Kasus CZ dan Binance.US menjadi contoh terbaru dari tantangan yang dihadapi oleh perusahaan crypto dalam mematuhi peraturan yang semakin ketat di Amerika Serikat. Perusahaan-perusahaan crypto harus berhati-hati untuk memastikan bahwa mereka memiliki program kepatuhan yang kuat untuk menghindari hukuman berat dari regulator.

Baca Juga: Dulunya Koki McD, Ini Sosok CEO Binance yang Kini Jadi Miliarder!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi