Heboh! Binance Ubah Dana SAFU $1 Miliar Jadi Stablecoin USDC Demi Stabilitas

author:

Heboh! Binance Ubah Dana SAFU $1 Miliar Jadi Stablecoin USDC Demi Stabilitas

Jakarta, Pintu News – Bursa kripto populer di dunia, Binance, baru saja mengumumkan langkah mengejutkan dengan mengubah seluruh aset dana SAFU (Secure Asset Fund for Users) senilai $1 miliar menjadi stablecoin USDC (USD Coin).

Keputusan ini diambil untuk meningkatkan keandalan dan stabilitas dana SAFU, yang berfungsi sebagai jaring pengaman bagi pengguna Binance dalam situasi ekstrem seperti peretasan.

Dana SAFU Kini 100% USDC

Sumber: X

Binance mengumumkan bahwa seluruh aset dalam dana SAFU, yang sebelumnya terdiri dari berbagai mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC), Tether (USDT), TrueUSD (TUSD), dan Binance Coin (BNB), akan dikonversi menjadi USDC.

Baca juga: Binance dalam Pusaran Kontroversi di Nigeria: Eksekutif Ditahan, Kerja Sama Dipertanyakan

Langkah ini bertujuan untuk menyederhanakan pengelolaan dana dan meningkatkan transparansi. Dengan mengandalkan USDC, Binance berharap dapat memanfaatkan stablecoin yang terpercaya, diaudit, dan transparan untuk memperkuat keandalan dana SAFU.

USDC sendiri merupakan stablecoin yang dipatok terhadap dolar AS dan diterbitkan oleh Circle, perusahaan pembayaran digital terkemuka.

Alasan di Balik Konversi

Meskipun Binance tidak memberikan alasan spesifik di balik konversi aset SAFU menjadi USDC, beberapa analis berspekulasi bahwa langkah ini terkait dengan kondisi pasar kripto yang sedang bergejolak.

Nilai aset kripto seperti BTC dan BNB telah mengalami fluktuasi yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir, sehingga Binance mungkin ingin mengurangi risiko dengan mengalihkan aset SAFU ke stablecoin yang lebih stabil.

Selain itu, Binance baru-baru ini menghadapi tantangan regulasi di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Konversi aset SAFU menjadi USDC dapat dilihat sebagai upaya Binance untuk mematuhi peraturan dan meningkatkan kepercayaan regulator.

Baca juga: Binance Beri Hadiah Hingga $10.000 Bagi Karyawan yang Bongkar Kebocoran!

Dampak terhadap Pengguna

Konversi aset SAFU menjadi USDC tidak diharapkan memiliki dampak langsung terhadap pengguna Binance. Dana SAFU tetap berfungsi sebagai jaring pengaman untuk melindungi pengguna dari kerugian akibat peretasan atau insiden keamanan lainnya.

Namun, pengguna Binance mungkin akan melihat perubahan dalam komposisi aset SAFU, yang kini sepenuhnya terdiri dari USDC. Hal ini dapat memengaruhi persepsi pengguna terhadap risiko dan keamanan dana SAFU, meskipun Binance menegaskan bahwa konversi ini justru bertujuan untuk meningkatkan keandalan dan stabilitas dana.

Secara keseluruhan, Binance telah mengambil langkah berani dengan mengubah seluruh aset dana SAFU menjadi USDC. Keputusan ini mencerminkan komitmen Binance untuk melindungi pengguna dan menjaga stabilitas platformnya.

Meskipun alasan di balik konversi ini belum sepenuhnya jelas, Binance berharap bahwa langkah ini akan memperkuat kepercayaan pengguna dan regulator terhadap bursa kripto terbesar di dunia ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Coingape