Binance Terancam, Peluang ETF Bitcoin Meningkat, Kok Bisa?

Binance Terancam, Peluang ETF Bitcoin Meningkat, Kok Bisa?

Dalam dunia pasar crypto, Binance sedang berada di bawah ancaman. Namun, hal ini justru membuka peluang bagi ETF Bitcoin untuk mendapatkan persetujuan. Bagaimana bisa? Yuk, simak ulasan berikut.

Binance Terancam, Peluang ETF Bitcoin Meningkat

CZ Binance
Boxmining

Binance, salah satu bursa crypto terbesar di dunia, sedang berada di bawah ancaman. CEO Binance, CZ, telah menyerah pada tuduhan pencucian uang, penipuan bank, dan pelanggaran sanksi lainnya oleh Departemen Kehakiman AS. Binance diharapkan membayar denda hingga $4,3 miliar.

Travis Kling, mantan manajer portofolio ekuitas, mengatakan bahwa tidak ada peluang ETF ini disetujui dengan Binance dalam posisi dominasi pasar crypto saat ini.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Menurutnya, persetujuan ETF berarti Binance akan hilang sepenuhnya atau peran mereka dalam penemuan harga akan sangat berkurang. Namun, dengan penyerahan eksekutif puncak bursa ini kepada pemerintah AS, mungkin ada ruang bagi Komisi Sekuritas & Bursa (SEC) untuk mulai menyetujui ETF spot BTC.

Dampak Penyerahan Binance terhadap Pasar Crypto

Kabar penyerahan CZ telah membuat Binance Coin jatuh, turun hampir 10% dalam 1 jam. Saat ini, BNB diperdagangkan seharga $236,70. Namun, di sisi lain, berita ini justru membuka peluang bagi ETF Bitcoin untuk mendapatkan persetujuan. Jika disetujui, ETF ini akan “membuka investasi mata uang digital untuk institusi dan massa ritel.”

Dengan pemain institusional besar seperti BlackRock, Fidelity dan Invesco, di antara lainnya, pasar ETF Bitcoin spot berpotensi tumbuh menjadi perjuangan senilai $100 miliar dalam waktu, menurut perkiraan Bloomberg Intelligence.

Binance Mampu Membayar Denda Tanpa Menjual Aset Crypto

Conor Grogan, direktur strategi produk dan operasi bisnis di Coinbase, mengatakan bahwa Binance bisa membayar denda $4,3 miliar tanpa menjual aset crypto sama sekali.

Analisisnya datang setelah menghitung kepemilikan crypto Binance Corporate dari Bukti Cadangan mereka (PoR), di mana dia menemukan bahwa bursa tersebut memiliki total aset sebesar $6,35 miliar, dengan $3,19 miliar dalam bentuk stablecoin.

Namun, angka-angka ini tidak termasuk saldo tunai off-chain atau dana yang disimpan di dompet yang tidak termasuk dalam PoR.

Paragraf Penutup

Meski Binance sedang berada di bawah ancaman, hal ini justru membuka peluang bagi ETF Bitcoin untuk mendapatkan persetujuan. Dengan pemain institusional besar di belakangnya, pasar ETF Bitcoin spot berpotensi tumbuh menjadi perjuangan senilai $100 miliar dalam waktu dekat.

Baca Juga: Prediksi Harga Binance Coin (BNB) 2023, 2025, 2030: Harga Binance Bisa Naik 2.247%!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi