Binance dan Polisi Thailand Gagalkan Skema Penipuan Crypto Senilai $277 Juta!

author:

Binance dan Polisi Thailand Gagalkan Skema Penipuan Crypto Senilai $277 Juta!

Binance, salah satu bursa crypto populer di dunia, telah memainkan peran penting dalam membantu Polisi Kerajaan Thailand mengidentifikasi dan menindak jaringan kriminal yang terkait dengan crypto. Dengan bantuan dari tim investigasi Binance, berbagai skema penipuan crypto besar berhasil diungkap dan aset-aset ilegal senilai jutaan dolar berhasil disita.

Kerjasama Binance dan Polisi Thailand

binance bantu polisi thailand ungkap kejatahan crypto

Binance, melalui tim investigasinya, telah bekerja sama dengan Cyber Crime Investigation Bureau (CCIB) dan Royal Thai Police’s Central Investigation Bureau (CIB) untuk melacak pelaku di balik skema penipuan crypto besar.

Baca juga: Revisi UU, Thailand Berniat Menarik Pajak Pendapatan dari Trader Crypto di Luar Negeri

Dalam salah satu operasi, Binance membantu dalam mengidentifikasi pelaku di balik skema penipuan “pemotongan babi” skala besar, dengan hasil penyitaan aset senilai 10 miliar Thai Baht ($277 juta).

Operasi dengan kode nama “Trust No One” ini dilakukan oleh CCIB dan U.S. Homeland Security Investigation (HSI) dengan bantuan dari Binance. Lebih dari 3.200 korban dari skema penipuan ini telah mengajukan kasus, mencari kompensasi.

Binance Mengungkap Skema Penipuan Crypto Lainnya

Prediksi Harga Binance Coin (BNB) 2023, 2025, 2030- Harga Binance Bisa Naik 2247%!
Sumber: Freepik

Selain skema “pemotongan babi”, Binance juga memainkan peran penting dalam mengungkap skema penipuan crypto lain yang melibatkan jaringan kriminal transnasional.

Tim investigasi membantu dalam penangkapan pelaku di 30 lokasi berbeda di Thailand, termasuk Bangkok, Samut Prakan, dan Udon Thani.

Dari operasi ini, aset ilegal yang berhasil disita meliputi 16 rumah mewah, 12 kendaraan mewah, dan uang tunai senilai 16 juta Thai Baht ($444.000).

Baca juga: CZ Binance Menyangkal Klaim dari Sekuritas Amerika, Faktanya Sebaliknya?

Dampak Positif Kerjasama Binance dengan Penegak Hukum

Binance telah aktif bekerja sama dengan penegak hukum dalam lebih dari 103.000 investigasi, dengan waktu respons rata-rata tiga hari, lebih cepat dibandingkan lembaga keuangan konvensional.

Tigran Gambaryan, Kepala Kepatuhan Kejahatan Keuangan Binance, menyatakan kebanggaannya atas kerjasama antara tim investigasi Binance dan Polisi Kerajaan Thailand.

Lebih lanjut, kerjasama ini menunjukkan komitmen Binance dalam memerangi kejahatan siber dan meningkatkan keamanan ekosistem crypto.

Secara keseluruhan, kerjasama antara Binance dan Polisi Kerajaan Thailand menunjukkan bagaimana teknologi dan penegakan hukum dapat bekerja sama untuk memerangi kejahatan di dunia crypto.

Dengan upaya bersama ini, harapannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan transparan bagi pengguna crypto di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: