Binance Hentikan Semua Layanan Pinjaman dan Staking BUSD! Apa Alasannya?

Binance Hentikan Semua Layanan Pinjaman dan Staking BUSD! Apa Alasannya?

Binance, salah satu exchange crypto terbesar di dunia, baru-baru ini mengumumkan keputusan untuk menghentikan layanan pinjaman dan staking untuk Binance USD (BUSD) pada 25 Oktober 2023. Keputusan ini datang di tengah meningkatnya tekanan regulator dan perubahan strategis oleh Binance. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Paxos Mengakhiri Kolaborasi di Tengah Tekanan Regulator

paxos akhiri kolaborasi dengan binance
Sumber: Coinjournal

Keputusan Binance untuk menghentikan layanan BUSD sejalan dengan langkah sebelumnya yang diambil oleh perusahaan fintech New York, Paxos. Paxos memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Binance karena masalah hukum dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Paxos juga telah mengumumkan rencana untuk menghentikan penukaran BUSD ke dolar AS dan Treasury AS pada Februari 2024. Selain itu, mereka telah menempatkan jeda sementara pada pencetakan BUSD baru.

Sebelum pengumuman ini, BUSD mencapai kapitalisasi pasar tertinggi sebesar $23 miliar pada November 2022. Namun, nilai ini telah turun drastis menjadi $2,23 miliar.

Baca Juga: CZ Binance Menyangkal Klaim dari Sekuritas Amerika, Faktanya Sebaliknya?

Binance Mendorong Pengguna ke Opsi Stablecoin Alternatif

Sebagai bagian dari perubahan strategis, Binance telah menghentikan penarikan BUSD melalui beberapa jaringan blockchain. Namun, layanan ini masih dipertahankan di jaringan Ethereum.

Binance telah mendorong penggunanya untuk mengalihkan aset BUSD mereka ke mata uang fiat atau opsi crypto lainnya dalam tahun mendatang.

Sebagai langkah penting lainnya, Binance mendorong kliennya untuk mentransfer aset BUSD mereka ke stablecoin lain, terutama First Digital USD (FDUSD) yang baru diluncurkan oleh First Digital Group.

Baca Juga: Binance dan Polisi Thailand Gagalkan Skema Penipuan Crypto Senilai $277 Juta!

Tekanan Regulator Terhadap Binance dan BUSD

tekanan regulator binance
Sumber: Cryptoslate

Tekanan regulator telah menjadi faktor utama dalam keputusan Binance untuk menghentikan dukungan terhadap BUSD. Paxos, penerbit BUSD, mengumumkan akan menghentikan penerbitan stablecoin ini setelah mendapat sorotan dari regulator AS.

SEC juga mengajukan gugatan terhadap Binance karena diduga melanggar hukum sekuritas AS. Sejak saat itu, pasokan beredar BUSD telah menurun tajam.

Sebagai tanggapan atas tuduhan SEC bahwa BNB dan BUSD adalah sekuritas, Binance berpendapat bahwa BNB adalah token asli yang dirancang untuk menciptakan ekonomi internal dan bukan merupakan kontrak investasi.

Dengan berbagai perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh Binance dan BUSD, pengguna harus tetap waspada dan mengambil keputusan yang tepat mengenai aset BUSD mereka. Masa depan stablecoin ini masih belum pasti, tetapi langkah-langkah yang diambil oleh Binance menunjukkan adaptasi terhadap lingkungan regulator yang berubah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: