Binance Menghentikan Deposit Rubel Rusia, Ada Apa?

author:

Binance Menghentikan Deposit Rubel Rusia, Ada Apa?

Dalam langkah yang mengejutkan, Binance, salah satu bursa crypto populer di dunia, mengumumkan akan menghentikan penerimaan deposit dalam mata uang Rubel Rusia (RUB) mulai 15 November 2023.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari rencana Binance untuk keluar dari pasar Rusia. Pengguna Binance di Rusia kini menghadapi batas waktu hingga 31 Januari 2024 untuk menarik Rubel mereka dari platform.

Mengapa Binance Mengambil Langkah Ini?

binance polygon usdc
Sumber: Coingape

Binance memutuskan untuk menghentikan operasionalnya di Rusia dan menjual divisi Rusianya kepada CommEX, sebuah bursa aset digital lainnya. Keputusan ini diambil setelah Binance mengumumkan rencana keluarnya dari Rusia lebih awal tahun ini. Penjualan cabang Rusia Binance ke CommEX menandai perubahan signifikan dalam lanskap crypto.

Baca juga: Fenomena September 2023: Lira Turki Mendominasi Pasar Crypto di Crypto Exchange

Penjualan ini juga menimbulkan kontroversi, terutama karena kurangnya informasi tentang detail transaksi dan pendiri CommEX. Ada spekulasi bahwa CommEX hanyalah nama baru untuk Binance, yang memungkinkan mereka untuk terus beroperasi di Rusia tanpa terkena sanksi Barat.

Namun, Binance terus menyangkal adanya hubungan antara kedua platform tersebut.

Apa Pilihan yang Tersedia bagi Pengguna?

Pengguna Binance dengan saldo fiat dalam Rubel Rusia dapat mentransfer dana mereka ke platform CommEX tanpa biaya transaksi. Selain itu, pengguna dapat menarik Rubel mereka melalui mitra fiat Binance sebelum batas waktu yang ditentukan atau mengubah RUB mereka menjadi crypto melalui alat “Convert” Binance. Pengguna juga memiliki opsi untuk berdagang Rubel mereka untuk crypto di Pasar Spot Binance.

Binance juga telah mengakhiri kemitraannya dengan sistem pembayaran Advcash. Laporan menyebutkan bahwa keputusan ini diambil karena klien mentransfer dana dari bank-bank Rusia yang terkena sanksi melalui gateway ini.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi kepatuhan Binance dan upaya mereka untuk memastikan keamanan dana pengguna.

Baca juga: Makin Populer, Transaksi Crypto di Rusia Meledak dengan Lebih dari 185 Ribu Transaksi!

Dampak Lebih Luas pada Pasar Crypto

Keputusan Binance untuk menghentikan deposit Rubel Rusia dan keluar dari pasar Rusia merupakan langkah penting dalam lanskap crypto global. Ini menunjukkan bagaimana bursa crypto besar menyesuaikan operasi mereka untuk mematuhi regulasi dan sanksi internasional. Langkah ini juga menyoroti pentingnya kepatuhan dan transparansi dalam industri crypto.

Keputusan ini mungkin memiliki dampak jangka panjang pada bagaimana crypto diperdagangkan dan diatur di seluruh dunia, terutama dalam konteks sanksi internasional dan kebijakan keuangan.

Ini juga menunjukkan bagaimana geopolitik dapat mempengaruhi pasar crypto dan keputusan operasional bursa crypto.

Dengan menghentikan deposit Rubel Rusia, Binance menunjukkan komitmennya terhadap kepatuhan regulasi dan keamanan pengguna. Langkah ini menandai bab baru dalam sejarah crypto dan bagaimana industri ini bereaksi terhadap perubahan politik dan ekonomi global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: