Binance Founder CZ Dijatuhi Hukuman Penjara 4 Bulan, Ini Kata-katanya!

Binance Founder CZ Dijatuhi Hukuman Penjara 4 Bulan, Ini Kata-katanya!

Jakarta, Pintu News – Changpeng Zhao atau yang lebih dikenal dengan sebutan CZ, pendiri dan mantan CEO Binance, dijatuhi hukuman penjara selama empat bulan setelah mengaku bersalah melanggar undang-undang anti-pencucian uang AS di bursa mata uang crypto terbesar di dunia.

Dalam cuitan pertamanya setelah dijatuhi hukuman, CZ mengungkapkan niatnya untuk tetap menjadi investor pasif dan pemegang aset di industri crypto sambil menekankan pentingnya kepatuhan dalam industri tersebut.

CZ Menanggapi Hukuman

Dalam cuitan terakhirnya sebelum menjalani hukuman penjara empat bulan, CZ mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya, mengakui surat, pesan, dan berbagai bentuk dukungan yang diterimanya. Ia bahkan menekankan pentingnya dukungan mereka dalam membuatnya tetap tangguh selama masa ini.

Baca Juga: Bitcoin di Masa Depan: Peter Schiff Memperingatkan “Lakukan ini atau Mati”

CZ berkata, “Saya akan menjalani hukuman saya, menyelesaikan fase ini, dan fokus pada babak berikutnya dalam hidup saya (pendidikan). Saya akan tetap menjadi investor pasif (dan pemegang) di crypto. Industri kita telah memasuki fase baru. Kepatuhan sangat penting. Sisi positif dari seluruh proses ini adalah Binance telah berada di bawah pengawasan ketat. Dan dana pengguna aman. Lindungi pengguna!”

CZ mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif Binance November lalu setelah mengakui bahwa ia dan bursa yang didirikannya pada tahun 2017 telah gagal mematuhi peraturan anti-pencucian uang yang digariskan dalam Undang-Undang Kerahasiaan Bank.

Vonis Hukuman

Changpeng Zhao CZ, CEO Binance

Dulu dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di industri crypto, CZ menjadi pemimpin crypto terkemuka kedua setelah Sam Bankman-Fried (SBF) dari FTX yang menghadapi hukuman penjara. Hukuman tersebut secara signifikan lebih rendah dari tiga tahun yang diminta oleh jaksa dan menandai pertama kalinya seorang CEO dipenjara karena melanggar Undang-Undang Kerahasiaan Bank, sebuah dakwaan yang sering digunakan dalam penuntutan crypto baru-baru ini.

Sebelum dijatuhi hukuman, CZ menyatakan penyesalannya kepada Hakim Distrik AS Richard Jones, mengakui kegagalannya dalam menerapkan program anti-pencucian uang yang efektif. Ia berkata, “Saya percaya langkah pertama untuk bertanggung jawab adalah mengakui sepenuhnya kesalahan. Di sini saya gagal menerapkan program anti-pencucian uang yang memadai. Saya sekarang menyadari keseriusan kesalahan itu.”

CZ memilih untuk menyerahkan diri secara sukarela untuk menjalani hukumannya, yang kemungkinan akan dilakukan di pusat penahanan dekat Bandara Internasional Seattle-Tacoma. Selain itu, Binance menyetujui denda sebesar $4,32 miliar, sementara CZ membayar denda pidana sebesar $50 juta dan tambahan $50 juta kepada Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS (CFTC).

Dampak Hukuman terhadap Industri Crypto

Hukuman terhadap CZ dan Binance memiliki dampak yang signifikan terhadap industri crypto. Hukuman tersebut mengirimkan pesan yang jelas bahwa regulator tidak akan mentolerir pelanggaran undang-undang anti-pencucian uang dan bahwa bursa crypto harus mematuhi peraturan yang berlaku. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kepatuhan di antara bursa kripto dan membantu meningkatkan kepercayaan investor terhadap industri kripto.

Namun, hukuman tersebut juga dapat menimbulkan kekhawatiran tentang potensi dampaknya terhadap inovasi di industri crypto. Beberapa orang berpendapat bahwa peraturan yang ketat dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan industri crypto. Oleh karena itu, penting bagi regulator untuk menemukan keseimbangan antara melindungi investor dan mendorong inovasi.

Penutup

Hukuman terhadap CZ dan Binance merupakan tonggak penting dalam sejarah industri crypto. Hukuman tersebut menunjukkan bahwa regulator semakin serius dalam mengawasi industri crypto dan bahwa bursa crypto harus mematuhi peraturan yang berlaku.

Hal ini dapat berdampak positif pada kepercayaan investor terhadap industri crypto dan mendorong peningkatan kepatuhan di antara bursa crypto. Namun, penting bagi regulator untuk menemukan keseimbangan antara melindungi investor crypto dan mendorong inovasi.

Baca Juga: Galxe (GAL) Crypto: Mata Uang Digital Baru yang Mengejutkan Dunia Keuangan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi