Binance Dirumorkan akan Delisting Stablecoin di Eropa, CEO CZ Berikan Klarifikasi!

author:

Binance Dirumorkan akan Delisting Stablecoin di Eropa, CEO CZ Berikan Klarifikasi!

Binance, salah satu bursa crypto terbesar, baru-baru ini menggemparkan komunitas crypto dengan pernyataan tentang potensi delisting beberapa stablecoin di Eropa. Namun, apa sebenarnya yang terjadi di balik kabar ini

Keraguan Hukum Mengenai Stablecoin di Eropa

volume transaksi stablecoin
Sumber: BCB Group

Thomas Vogel, partner di firma hukum Latham & Watkins, menyatakan bahwa banyak penerbit stablecoin mengklaim diri mereka sepenuhnya terdesentralisasi. Oleh karena itu, mereka mungkin tidak dapat memenuhi ketentuan ketat MiCA.

Baca juga: CZ Binance Menyangkal Klaim dari Sekuritas Amerika, Faktanya Sebaliknya?

Lebih lanjut, pertanyaan mengenai bagaimana stablecoin terdesentralisasi akan mematuhi regulasi MiCA telah menjadi perdebatan utama di kalangan pelaku industri, namun belum ada panduan yang jelas mengenai hal ini.

Klarifikasi dari CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ)

Changpeng Zhao, atau dikenal sebagai CZ, telah memberikan klarifikasi mengenai rumor delisting stablecoin di Eropa. Menurutnya, komentar dari Marina Parthuisot, Direktur Hukum Binance Prancis, telah disalahpahami.

Sumber: Twitter

CZ menegaskan bahwa Binance sebenarnya sedang mempersiapkan peluncuran stablecoin lain yang sepenuhnya mematuhi regulasi. Dia juga menambahkan bahwa Binance memiliki beberapa mitra yang akan meluncurkan stablecoin EUR dan lainnya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

CEO Binance mengkategorikan klaim tersebut sebagai berita palsu yang bertujuan untuk menimbulkan ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan di kalangan investor.

Baca juga: Revisi Regulasi Cryptonya, Malta Siap Implementasikan MiCA

Apa Itu Aturan MiCA?

Sementara itu, komisi Eropa sedang bekerja untuk mengimplementasikan aturan MiCA yang bertujuan untuk menciptakan kerangka regulasi untuk aset crypto.

Regulasi ini mencakup penerbitan dan perdagangan aset kripto serta operasi penyedia layanan aset crypto. Selain itu, aturan ini juga mencakup kerangka kerja untuk stablecoin, yang dikatakan akan menghadapi rezim regulasi yang lebih lunak dibandingkan dengan jenis token lainnya.

Meskipun ada banyak spekulasi dan ketidakpastian mengenai masa depan stablecoin di Eropa, penting bagi investor dan pelaku industri untuk tetap mendapatkan informasi dari sumber yang kredibel.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: