Binance Digugat di Kanada Atas Dugaan Pelanggaran Hukum Sekuritas

Binance Digugat di Kanada Atas Dugaan Pelanggaran Hukum Sekuritas

Jakarta, Pintu News – Bursa mata uang kripto Binance menghadapi gugatan class action di Ontario, Kanada. Binance diduga menjual produk derivatif kripto kepada investor ritel tanpa registrasi peraturan yang diperlukan.

Penggugat Christopher Lochan dan Jeremy Leeder mewakili investor Kanada yang dirugikan, mengklaim bahwa penawaran ini menyebabkan kerugian finansial yang signifikan. Gugatan tersebut meminta ganti rugi bagi investor yang terkena dampak dan pembatalan perdagangan yang dianggap melanggar hukum Kanada. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Latar Belakang Regulasi

pengadilan tinggi ontario
Sumber: Pengadilan Tinggi Ontario

Kontrak kripto sering kali termasuk dalam klasifikasi sekuritas atau derivatif, sehingga mengharuskan kepatuhan terhadap undang-undang sekuritas yang ketat.

Meskipun sebelumnya berkomitmen untuk menghentikan operasi di Ontario setelah peringatan dari Komisi Sekuritas Ontario (OSC) pada bulan Juni 2021, Binance tetap melanjutkan operasinya. Hal ini menyebabkan OSC mengancam perintah penghentian perdagangan pada awal tahun 2022, yang berkontribusi pada kesulitan hukum saat ini.

Binance juga menghadapi denda dan hukuman lebih dari $2,7 miliar dari regulator derivatif AS. Dalam proses hukum terpisah, bursa tersebut mengakui telah melanggar hukum AS.

Baca Juga: Otoritas Filipina Minta Apple dan Google Hapus Aplikasi Binance

Status Saat Ini dan Implikasi Masa Depan

Sementara tuduhan tersebut masih belum terbukti, keputusan pengadilan untuk mengesahkan gugatan class action menunjukkan bahwa klaim penggugat memiliki bobot substantif.

Gugatan ini dapat menjadi preseden penting bagi cara kerja bursa kripto di Kanada dan memengaruhi regulasi mata uang kripto di seluruh dunia. Binance belum menanggapi gugatan tersebut.

Baca Juga: Krisis Penarikan Dana di Filipina: Binance Diblokir tanpa Solusi Pengganti!

OSC Terus Menyelidiki Binance

binance luncurkan copy trading
Sumber: VOX

Meskipun Binance telah mengumumkan penarikan diri dari Kanada, otoritas setempat terus mengambil tindakan hukum terhadap bursa tersebut. Investigasi OSC terhadap para tergugat masih berlangsung.

Pengadilan telah memanggil Binance pada tanggal 11 Mei 2023, “mencari komunikasi yang dimilikinya atau kendalikan mengenai Ontario, atau Kanada secara umum, di antara direktur, pejabat, karyawan, agen, konsultan, dan kontraktor serta entitas terkait, termasuk afiliasinya di Kanada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi