Binance Dalam Bahaya? AS Minta $4 Miliar Untuk Akhiri Kasus Kriminal

Binance Dalam Bahaya? AS Minta $4 Miliar Untuk Akhiri Kasus Kriminal

Binance, bursa pertukaran crypto terbesar di dunia, sedang berada dalam tekanan besar. Departemen Kehakiman AS (DoJ) menuntut lebih dari $4 miliar dari Binance sebagai bagian dari resolusi yang diusulkan untuk mengakhiri penyelidikan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Penyelidikan DoJ dan Tuntutan $4 Miliar

Menurut laporan Bloomberg, DoJ AS sedang dalam negosiasi dengan Binance dan pendirinya, Changpeng Zhao, yang berpotensi menghadapi tuntutan kriminal di Amerika Serikat. Resolusi apa pun yang dicapai kemungkinan akan memainkan peran penting dalam sentimen investor terhadap crypto, yang telah terpukul oleh gelombang penyelidikan pemerintah dan tuntutan terhadap perusahaan dan individu di industri ini.

Baca Juga: Pangsa Market Spot Binance Terus Merosot! Bagaimana Nasib Pasar Crypto?

Sumber yang akrab dengan penyelidikan mengatakan bahwa penyelidikan pemerintah yang berlangsung lama ini hampir berakhir, tetapi tidak memberikan informasi spesifik tentang hukuman atau jadwal yang tepat. Laporan Bloomberg mengatakan bahwa pengumuman tentang resolusi bisa datang secepatnya pada akhir bulan ini.

Binance Dalam Sorotan Sejak 2018

Profil Changpeng Zhao, CEO Binance
letizo.com

Binance telah berada di bawah sorotan Departemen Kehakiman sejak setidaknya 2018. Jaksa federal meminta perusahaan pada Desember 2020 untuk memberikan catatan internal tentang upaya anti-pencucian uangnya, bersama dengan komunikasi yang melibatkan Zhao. Binance juga menghadapi berbagai masalah hukum dan regulasi crypto lainnya di Amerika Serikat.

Pada bulan Juni, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menuntut Binance dan Zhao, menuduh mereka menjalankan “skema rumit untuk menghindari hukum sekuritas federal AS.” Binance membantah tuduhan SEC dan mengatakan akan “membela dengan gigih” platformnya.

Paragraf Penutup

Dengan pasar crypto yang lebih tenang dibandingkan dengan puncaknya pada 2021, Binance juga telah menyaksikan eksodus eksekutif dan penurunan pangsa pasar. Setidaknya 12 eksekutif telah meninggalkan bursa dalam beberapa bulan terakhir, termasuk chief strategy officer, general counsel, dan chief product officer Binance.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi