Binance Batal Akuisisi FTX

Binance Batal Akuisisi FTX

Binance mengungkapkan pembatalan rencananya untuk membeli crypto exchange FTX yang sedang alami krisis likuiditas. Kira-kira apa yang membuat Binance mengurungkan niatnya mengakuisisi FTX? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Binance Menilai FTX Miliki Beberapa Masalah yang Cukup Rumit

Binance Menilai FTX Miliki Beberapa Masalah yang Cukup Rumit
Bloomberg.com

Lewat akun Twitter-nya, Binance mengatakan bahwa “masalah yang dihadapi FTX berada di luar kendali atau kemampuan kami untuk membantu”.

Pernyataan itu juga membahas tentang “laporan berita dana pelanggan yang salah penanganan dan dugaan penyelidikan agensi AS” yang membuat mereka mundur dari kesepakatan, yang diumumkan pada 9 November 2022.

Binance telah menunjukkan berkali-kali komitmen mereka terhadap ekonomi global

Sumber: Twitter SBF_FTX

Saat mengumumkan kesepakatan mereka, CEO FTX Sam Bankman-Fried membagikan tweet-nya pada 8 November 2022 dengan mengatakan bahwa “Binance telah menunjukkan berkali-kali komitmen mereka terhadap ekonomi global yang lebih terdesentralisasi sekaligus meningkatkan hubungan industri dengan regulator. Kami berada di tangan yang terbaik.”

Kesepakatan Akuisisi FTX Oleh Binance Harus Lalui Proses Due Diligence

CZ menekankan bahwa rencana akuisisi ini baru sebatas letter of intent yang dibuat di tempat. Dilansir dari laman The Verge, Binance berencana untuk melakukan proses due diligence sepanjang minggu terlebih dahulu sebelum benar-benar membuat perjanjian pembelian yang mengikat secara hukum.

Pada 6 November 2022 yang lalu, CEO Binance Changpeng Zhao atau akrab dikenal CZ mengatakan bahwa Binance akan menjual semua kepemilikan FTT-nya yang kemudian membuat nilai token tersebut mengalami koreksi harga. Setelah itu, CZ menawarkan untuk menyelamatkan FTX dengan rencana akuisisi FTX pada 9 November 2022 yang kini telah dibatalkan.

DIlansir dari laman The Verge, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) secara khusus mengatakan bahwa aset crypto yang disimpan atau diinvestasikan di FTX tidak tercakup oleh perlindungan yang diberikan kepada bank biasa. FDIC menambahkan bahwa uang yang dimiliki FTX tidak diasuransikan.

Kesepakatan Akuisisi FTX Oleh Binance Harus Lalui Proses Due Diligence

Sumber: Twitter cz_binance

Dalam sebuah tweet yang dibagikan CZ pada 9 November 2022, ia mengatakan bahwa crypto exchange seharusnya tidak menggunakan token mereka sendiri sebagai jaminan dan mereka seharusnya memiliki cadangan besar daripada menggunakan modal mereka secara efisien.

Pernyataan Lengkap Binance tentang Pembatalan Akuisisi FTX

Pernyataan Lengkap Binance tentang Pembatalan Akuisisi FTX

Sumber: Twitter binance

Dikutip dari akun Twitter Binance, pada 10 November 2022, Binance mengeluarkan pernyataan resmi melalui serangkaian tweet-nya mengenai pembatalan rencana akuisisi FTX. Berikut ini adalah pernyataan resmi yang dibagikan oleh pihak Binance:

“Sebagai hasil dari uji tuntas perusahaan, serta laporan berita terbaru mengenai kesalahan penanganan dan dugaan investigasi agensi AS, kami telah memutuskan bahwa kami tidak akan meneruskan akuisisi FTX.com”.

“Pada awalnya, harapan kami adalah dapat mendukung pengguna FTX dengan menyediakan likuiditas kepada FTX, namun masalah-masalah yang dihadapi FTX faktanya berada diluar kendali atau kemampuan kami untuk membantu.”

“Setiap kali pemain utama dalam suatu industri gagal dalam menyediakan layanannya, maka konsumen ritel-lah yang akan menderita. Selama beberapa tahun terakhir kami telah meyaksikan bagaimama ekosistem crypto bertumbuh menjadi lebih tangguh”.

“Kami percaya bahwa sistem yang menyalahgunakan dana pengguna akan disingkirkan pada waktunya oleh keadaan di pasar bebas. Saat kerangka peraturan telah dikembangkan dan industri crypto terus berkembang menuju desentralisasi yang lebih besar, maka ekosistem crypto akan tumbuh menjadi lebih kuat”.

Referensi: