Biaya Transaksi Ethereum (ETH) Melambung Tinggi, Pepe Coin Alasannya?

Biaya Transaksi Ethereum (ETH) Melambung Tinggi, Pepe Coin Alasannya?

Biaya transaksi Ethereum (ETH) dilaporkan mengalami kenaikan akibat popularitas Pepe, token meme terbaru yang menjadi viral di dunia cryptocurrency.

Kenaikan transaksi pada blockchain Ethereum yang juga melibatkan token berbasis meme seperti Pepecoin (PEPE) dan Wojak (WOJAK) telah meningkatkan lalu lintas di jaringan tersebut, sehingga meningkatkan tingkat biaya transaksi rata-rata ke level tertinggi dalam hampir satu tahun terakhir sejak Mei 2022.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang Pepe dan Wojak, dampaknya terhadap biaya transaksi Ethereum, serta kekhawatiran tentang skabilitas jaringan Ethereum dan dampaknya terhadap pengguna.

Pepe dan Wojak Menguasai Ethereum?

harga pepecoin 5 mei 2023
Harga Pepe Coin (PEPE) 5 Mei 2023. Sumber: Coinmarketcap

Token baru berbasis kodok bernama Pepe dan juga token meme lainnya, Wojak, telah melihat kenaikan yang signifikan dalam kapitalisasi pasar. Kedua token ini menarik investor dengan pengembalian besar dan reli harga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Per 5 Mei 2023, kapitalisasi pasar token Pepe mencapai lebih dari $859 juta sebelum turun kembali di bawah $400 juta.

Volume perdagangan 24 jam untuk memecoin ini juga melonjak lebih dari 216% yang mencapai $784 juta. Menurut The Cryptonews, setiap hari, Pepe dan Wojak menetapkan rekor baru. Pepe mencapai harga tertinggi sepanjang masa hari ini sebesar $0,000002322, sementara Wojak mencapai harga $0,001084, menurut CoinMarketCap.

Baca Juga: Lampaui Ethereum, BNB Chain Unggul dengan 10 Juta Alamat Aktif Bulanan per April 2023!

Biaya Transaksi Ethereum Meningkat Drastis

biaya transaksi ethereum meningkat
Daily Median Gas Price. Sumber: Dune Analytics

Menurut Dune Analytics, biaya transaksi rata-rata harian Ethereum naik tajam menjadi sekitar 87 gwei pada Selasa, 2 Mei 2023, yang mana menyentuh level tertingginya sejak Mei 2022. Untuk perbandingan, rata-rata biaya transaksi tahun ini telah berfluktuasi antara sekitar 82% tahun ke tahun.

Kenaikan transaksi Ethereum yang melibatkan Pepe dan Wojak juga telah menyebabkan biaya transaksi yang sangat mahal, yang dapat mempengaruhi pengguna jaringan. Biaya transaksi rata-rata saat ini mencapai $50 hingga $100, bahkan mencapai biaya hingga $2000 pada beberapa kasus.

Baca Juga: Setelah Shanghai, Tim Pengembang Ethereum akan Fokus pada Upgrade Cancun

Efek Dampak Pepe Terhadap Pasar Cryptocurrency

Popularitas Pepe dan peningkatan biaya transaksi Ethereum dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar cryptocurrency secara keseluruhan. Kenaikan biaya transaksi Ethereum dapat membuat pengguna beralih ke jaringan blockchain lain yang lebih murah.

Namun, popularitas token meme seperti Pepe juga dapat menarik minat investor di pasar cryptocurrency.

Pada akhir Januari 20232, muncul dari CoinShares yang berkaitan dengan Ethereum. Pasalnya, sebanyak 60% investor percaya bahwa Etehreum memiliki potensi pertumbuhan yang lebih baik dari pada BTC. Mengapa? Baca berita lengkapnya di Survei: 60% Investor Percaya Bahwa ETH Memiliki Potensi Pertumbuhan yang Lebih Baik Daripada BTC

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: