Berkah Biaya Transaksi Bitcoin Runes: Para Penambang Crypto Menuai Keuntungan

author:

Berkah Biaya Transaksi Bitcoin Runes: Para Penambang Crypto Menuai Keuntungan

Jakarta, Pintu News – Penambang Bitcoin (BTC) kini tengah menikmati keuntungan tak terduga setelah implementasi Runes, sebuah standar token baru di Bitcoin yang memungkinkan pengguna membuat token fungible yang lebih efisien di blockchain mata uang kripto terkemuka tersebut.

Biaya transaksi yang meroket telah mengurangi dampak dari berkurangnya hadiah blok pasca halving.

Dua perusahaan penambangan terbesar di Amerika Serikat, Stronghold Digital Mining dan Marathon, mengungkapkan pengaruh positif Runes dari perspektif finansial dan fungsional.

Runes Selamatkan Penambang dari Dampak Halving

Greg Beard, CEO Stronghold Digital Mining, mengatakan bahwa minggu pertama setelah halving memang menyebabkan penurunan pendapatan penambangan yang diantisipasi akibat berkurangnya hadiah penambangan Bitcoin.

Baca juga: Magic Eden Luncurkan Platform Bitcoin Runes, Hadirkan Fitur-fitur Canggih!

Namun, Beard mengungkapkan bahwa Runes telah menjadi penyelamat yang disambut baik dari penurunan hadiah BTC.

Hal senada diungkapkan oleh Adam Swick, Chief Growth Officer Marathon. Ia menyoroti lonjakan biaya transaksi setelah halving, yang dipicu oleh peluncuran Runes dan aktivitas jaringan yang lebih luas.

Swick memperkirakan bahwa transaksi Runes telah menyumbang lebih dari 1.200 BTC dalam bentuk biaya transaksi kepada para penambang sejak halving Bitcoin berlaku.

Sumber: Cryptokoryo Research

Dampak Positif Runes bagi Ekosistem Bitcoin

Runes telah memicu reaksi beragam dari komunitas Bitcoin. Namun, menurut Beard dan Swick, perusahaan penambangan mengambil pandangan yang lebih positif mengingat dampak Runes hanya dua minggu setelah halving.

Beard berpendapat bahwa ada unsur spekulatif mengenai dampak Runes dan prasasti blockchain serta peningkatan biaya transaksi. Ia menggambarkan halving Bitcoin terbaru sebagai “Super Bowl-nya Kripto,” dan menambahkan bahwa peningkatan minat terhadap BTC juga berperan dalam peningkatan biaya transaksi.

Baca juga: Arus Masuk Bitcoin ETF Melamabat, Jeda Sementara atau Awal Tren Negatif?

Swick percaya bahwa ekosistem Bitcoin mendapat manfaat dari inovasi seperti Ordinals dan Runes. Ia menilai bahwa para penambang, khususnya, telah menerima dorongan tepat waktu karena persaingan untuk mendapatkan hadiah blok yang semakin menipis terus berlanjut.

Beard menambahkan bahwa para penambang jelas melihat fungsionalitas seperti Runes sebagai perkembangan positif karena persaingan untuk mendapatkan hadiah Bitcoin meningkat seiring dengan hash rate.

Lebih lanjut, CEO Stronghold tersebut menambahkan bahwa penambahan fungsionalitas baru ke jaringan desentralisasi terbesar di dunia tidak hanya mendiversifikasi penggunaan Bitcoin, tetapi juga mendukung pertumbuhannya dengan menarik lebih banyak pengguna, yang pada akhirnya dapat menghasilkan biaya transaksi yang lebih tinggi.

Sementara itu, Jag Kooner, Head of Derivatives di Bitfinex, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa para penambang biasanya memandang inovasi seperti Runes secara positif jika mereka meningkatkan fungsionalitas blockchain dan menarik lebih banyak transaksi.

Hal ini tentu saja akan mengarah pada peningkatan biaya per blok dan profitabilitas penambangan secara keseluruhan yang lebih besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: XVerse