Lampaui Ethereum, Biaya Transaksi Bitcoin Melonjak Hingga $11,6 Juta!

author:

Lampaui Ethereum, Biaya Transaksi Bitcoin Melonjak Hingga $11,6 Juta!

Pasar mata uang crypto sedang bergolak. Harapan akan persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat telah mendorong permintaan Bitcoin, yang berdampak pada lonjakan biaya transaksi.

Selain itu, Bitcoin juga berhasil mengungguli Ethereum dalam biaya transaksi setelah tiga tahun terakhir Ethereum mendominasi. Simak lebih lanjut!

ETF Bitcoin Spot dan Dampaknya pada Biaya Transaksi

Persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat telah mendorong permintaan Bitcoin, yang berdampak pada lonjakan biaya transaksi. Pada 16 November 2023, biaya transaksi Bitcoin mencapai $11,6 juta, naik 113% dari hari sebelumnya dan 746% dari tahun lalu. ETF Bitcoin spot adalah dana investasi yang mencerminkan harga Bitcoin.

Baca juga: Prediksi Mengejutkan Analis CoinShares: Bitcoin Berpotensi Capai Rp1,2 Miliar!

biaya transaksi bitcoin
Biaya transaksi Bitcoin antara Januari 2023 dan November 2023. Sumber: CryptoFees

“Spot” berarti dana tersebut mengarahkan pembelian Bitcoin sebagai aset pokok. Hal ini memungkinkan investor untuk berpartisipasi dalam pasar Bitcoin melalui akun broker reguler mereka.

Bitcoin Mengungguli Ethereum dalam Biaya Transaksi

bitcoin lampaui ethereum
Sumber: Twitter

Sementara itu, sebuah cuitan di X pada 17 November 2023 menunjukkan data terbaru yang memperlihatkan bahwa biaya transaksi harian Bitcoin telah melonjak menjadi $11,63 juta, melampaui Ethereum yang mencapai $8,44 juta dalam periode yang sama. Ini menandai perubahan dari tren yang diamati tiga tahun lalu ketika Ethereum melampaui Bitcoin dalam biaya transaksi.

Pada akhirnya, perkembangan terbaru ini telah membuat Bitcoin mengalami lonjakan luar biasa dalam biaya transaksi rata-rata, yang mana merebut kembali statusnya sebagai pemimpin biaya transaksi.

Baca juga: Susul BlackRock, Fidelity Ajukan Permohonan untuk ETF Ethereum!

Implikasi Lonjakan Biaya Transaksi Bitcoin

Lonjakan biaya transaksi Bitcoin memberikan dampak signifikan bagi para penambang. Kenaikan biaya ini memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk aliran pendapatan penambang, terutama di tengah pengurangan hadiah blok.

Biaya transaksi yang lebih tinggi diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mengimbangi dampak pemotongan hadiah blok yang akan datang dan memastikan kelangsungan ekosistem penambangan Bitcoin.

Meski lonjakan biaya transaksi Bitcoin ini mungkin menimbulkan beberapa ketidaknyamanan bagi pengguna, para ahli melihat ini sebagai perkembangan positif yang menguatkan keamanan jaringan.

Seiring berkembangnya pasar crypto, persaingan antara Bitcoin dan Ethereum tetap dinamis, dengan masing-masing platform blockchain berusaha mendominasi dunia DeFi dan NFT yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: