Biaya Transaksi Bitcoin Melonjak, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

author:

Biaya Transaksi Bitcoin Melonjak, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Dalam dunia crypto, persaingan semakin ketat. Biaya transaksi Bitcoin mencapai puncaknya dalam enam bulan terakhir. Laporan BitInfoCharts pada 7 November 2023 menunjukkan bahwa biaya transaksi rata-rata BTC hampir mencapai $6. Apa yang menyebabkan lonjakan ini? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Ordinal Bitcoin dan Dampaknya

Pekan ini, transaksi on-chain mengalami peningkatan biaya yang signifikan akibat kebangkitan kembali Ordinal Bitcoin. Ordinal adalah jenis NFT yang dapat digunakan untuk merekam informasi secara permanen di blockchain.

Baca juga: Heboh! Harga Crypto Ordinals (ORDI) Melonjak 80% dalam Waktu 24 Jam, Ada Apa?

Dengan banyaknya transaksi Ordinal BRC-20 yang harus diproses on-chain, para penambang Bitcoin menghadapi persaingan yang lebih ketat untuk konfirmasi. Akibatnya, biaya yang lebih tinggi diperlukan.

heatmap ordinals
Heatmap Bitcoin Ordinals (tangkapan layar). Sumber: GeniiData

Tanpa biaya ini, waktu konfirmasi transaksi akan jauh lebih lama dari biasanya. GeniiData melaporkan bahwa selama minggu lalu, hampir 1 juta “mints” telah terjadi. Sejak itu, telah terjadi pergeseran dalam proyek yang paling aktif, dengan BEES, gpts, dan HALV sekarang menghasilkan penambang terbanyak.

Manfaat Bagi Penambang

pendapatan bitcoin mining
Sumber: Twitter

Baca juga: Heboh! Penjualan NFT CryptoPunks Capai $1,1 Juta, Apakah Ini Efek ‘The Simpsons’?

Sementara itu, data dari Mempool.space menunjukkan bahwa saat ini ada lebih dari 120.000 transaksi yang menunggu untuk divalidasi di mempool Bitcoin. Sebagai perbandingan, pada awal Oktober, antrian kurang dari 30.000.

Pengguna media sosial berspekulasi tentang masa depan tren biaya ini, mengungkapkan kekhawatiran bahwa inisiatif pencetakan baru mungkin muncul untuk menggantikan yang sudah ada. Selain itu, penambang Bitcoin menikmati manfaatnya karena pendapatan mereka dari biaya melonjak.

pendapatan bitcoin mining
Grafik % pendapatan penambang Bitcoin dari biaya. Sumber: Glassnode

Menurut perusahaan analitik on-chain Glassnode, pada 6 November 2023, 8,5% pendapatan penambang berasal dari tarif biaya yang dinaikkan – bagian harian terbesar sejak awal Juni. Selain itu, pasar crypto secara keseluruhan telah menyaksikan momentum bullish dengan harga Bitcoin berada di sekitar $35,000.

Dengan melihat tren ini, jelas bahwa dunia crypto terus berkembang dan berubah. Bagi kamu yang terlibat dalam transaksi Bitcoin, penting untuk selalu memperhatikan perubahan dan beradaptasi dengan cepat. Ingatlah bahwa dalam dunia crypto, pengetahuan adalah kunci.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: