Biaya Jaringan Ethereum Capai Titik Tertinggi dalam 4 Bulan, Apa Dampaknya?

author:

Biaya Jaringan Ethereum Capai Titik Tertinggi dalam 4 Bulan, Apa Dampaknya?

Dalam dunia crypto, Ethereum (ETH) sedang berada di bawah tekanan. Setelah peningkatan tajam hingga $2,100 minggu lalu, harga ETH kini sedang mengalami penurunan dan diperdagangkan pada level $2,036,04. Namun, yang lebih mencemaskan adalah lonjakan biaya jaringan Ethereum yang mencapai titik tertinggi dalam empat bulan terakhir.

Biaya Jaringan Ethereum Mencapai Puncak 4 Bulan

Pada hari Minggu, 12 November 2023, biaya jaringan Ethereum naik menjadi $5,72 per transaksi, mencapai level tertinggi sejak Juli 2023.

Baca juga: Rekor Baru! Arus Masuk Dana Crypto Tembus $1 Miliar, 3 Crypto Ini Memimpin Lonjakan!

biaya jaringan ethereum
Sumber: Santiment

Santiment, penyedia data on-chain, mencatat bahwa dengan kembalinya Ethereum (ETH) di atas $2,000 minggu lalu dan peningkatan aktivitas jaringan, tidak mengherankan jika biaya juga ikut naik. Meski demikian, dalam skala relatif, biaya transaksi masih terjangkau dibandingkan dengan rata-rata biaya yang mencapai $14 pada Mei.

Kamu perlu memperhatikan dampak potensial ini pada token ERC-20 lainnya.

Dampak Biaya Tinggi pada Harga dan Aktivitas Ethereum

analisa harga ethereum
Sumber: Trading View

Mengutip laporan Coingape (14/11/23), grafik Ethereum menunjukkan penarikan harga baru-baru ini setelah lonjakan harga yang signifikan, menunjukkan jeda sementara di pasar. Fase konsolidasi ini dianggap sehat, memberikan peluang bagi pasar untuk menetapkan level dukungan baru.

Harga Ethereum masih nyaman di atas rata-rata bergerak 50 hari dan 100 hari, menandakan tren bullish secara keseluruhan. Indeks kekuatan relatif (RSI) telah mundur dari level overbought, menciptakan ruang potensial untuk gerakan harga naik lainnya.

Jika Ethereum mempertahankan support dan menghindari penurunan di bawah moving average, ada potensi untuk rally lainnya, yang berpotensi didorong oleh peningkatan adopsi dan sentimen pasar yang positif. Mengamati penyempitan Bollinger Bands, diikuti dengan penembusan di atas band atas, dapat mengindikasikan awal dari fase bullish lainnya.

Baca juga: Kenaikan Dahsyat: Vitalik Buterin Raup Keuntungan $57 Juta Berkat ETF Ethereum!

Dalam aktivitas perdagangan baru-baru ini, Ethereum menyaksikan peningkatan perdagangan blok, dengan 60.000 opsi yang menyumbang 40% dari total volume hari itu, dengan nilai nosional sebesar $120 juta.

Biaya Tinggi, Ancaman Bagi Pertumbuhan Jaringan

Biaya tinggi ini memiliki dampak langsung pada biaya operasi jaringan. Pertukaran token sederhana bisa mencapai lebih dari $160, sementara interaksi kontrak yang lebih kompleks, seperti penjualan NFT, bisa melebihi $270.

Biaya ini menjadi penghalang bagi transaksi kecil, efektifnya mengeluarkan sebagian besar pengguna. Bagi pengembang dan proyek, biaya tinggi ini bisa menghambat inovasi dan memperlambat pengembangan aplikasi baru, karena pengujian dan penyebaran menjadi lebih mahal.

Dengan biaya yang tinggi, pertumbuhan jaringan Ethereum bisa melambat. Biaya transaksi yang tinggi di Ethereum membuatnya kurang kompetitif dibandingkan dengan blockchain lain yang menawarkan biaya lebih rendah.

Pengguna dan pengembang mungkin akan beralih ke platform alternatif ini, yang dapat menawarkan fungsionalitas serupa dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: