Biaya Gas Ethereum yang Rendah Dorong Tingkat Pembakaran ETH ke Titik Terendah Tahunan!

author:

Biaya Gas Ethereum yang Rendah Dorong Tingkat Pembakaran ETH ke Titik Terendah Tahunan!

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari The Block, jaringan Ethereum telah melihat jumlah harian ETH yang dibakar turun ke level terendahnya tahun ini – terutama didorong oleh penurunan biaya gas rata-rata baru-baru ini.

Saat ini, biaya gas berkisar antara 5 dan 10 gwei, yang merupakan salah satu level terendah yang terlihat dari tahun ke tahun dan memengaruhi penerbitan ETH.

Rekor Terendah Jumlah ETH yang Dibakar

Penurunan biaya jaringan telah menghasilkan lebih sedikit ETH yang dibakar. Pada hari Minggu (5/5/24), jumlah ETH yang dibakar hanya 610 ETH – menandai rekor terendah untuk tahun ini karena biaya gas Ethereum tetap minimal.

Baca juga: Ethereum Menuju Revolusi Akun dengan Standar ERC-4337 dan RIP-7560!

Sumber: The Block

Sebagai perbandingan, jumlah harian ETH yang dibakar selama empat bulan pertama tahun ini tetap di atas 2.500-3.000 ETH.

Faktor Penurunan Biaya Gas

Penurunan biaya gas yang sedang berlangsung sebagian disebabkan oleh pergeseran aktivitas ke solusi penskalaan Layer 2 serta meningkatnya adopsi transaksi blob yang diperkenalkan dengan peningkatan Dencun pada bulan Maret – membantu mengurangi biaya transaksi pada Layer 2.

Dinamika biaya gas dan pembakaran ETH merupakan aspek yang diawasi dengan ketat dari model ekonomi jaringan. Meskipun biaya rendah bermanfaat bagi pengguna jaringan, penurunan pembakaran ETH baru-baru ini berdampak pada aspek deflasi Ethereum.

Hard fork London – juga dikenal sebagai EIP-1559 – yang diimplementasikan pada Agustus 2021 secara fundamental mengubah struktur biaya Ethereum. Peningkatan ini memperkenalkan biaya dasar yang dibakar dan biaya prioritas yang bertindak sebagai tip untuk validator.

Baca juga: Bitcoin Runes Mendominasi Transaksi Harian di Jaringan Bitcoin, Menyalip Ordinals dan BRC-20!

Karena biaya dasar terkait langsung dengan penggunaan jaringan, biaya yang lebih tinggi menyebabkan lebih banyak ETH yang dikeluarkan dari suplai melalui pembakaran.

Pasokan Ethereum Berubah Menjadi Inflasi

Selama seminggu terakhir, pasokan Ethereum telah berubah menjadi inflasi, dengan tingkat pertumbuhan pasokan 0,49% dibandingkan dengan sifat deflasi sebelumnya, menurut ultrasound.money.

Jika aktivitas meningkat dan lebih banyak ETH yang dibakar daripada yang dikeluarkan, itu akan menjadi deflasi lagi.

Secara keseluruhan, penurunan biaya gas Ethereum dan pembakaran ETH yang lebih rendah adalah tren yang perlu diperhatikan. Meskipun biaya gas rendah bermanfaat bagi pengguna jaringan, hal itu dapat berdampak negatif pada pasokan ETH dan harganya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa dampak penurunan biaya gas pada pasokan ETH bersifat jangka panjang, dan dalam jangka pendek, pasokan ETH masih dapat tumbuh lebih cepat meskipun biaya gas rendah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate