Biaya ETF Bitcoin ARK Investments Hanya 0,80%? Ini Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Biaya ETF Bitcoin ARK Investments Hanya 0,80%? Ini Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

ARK Investment Management, yang dipimpin oleh Cathie Wood, dan manajer cryptocurrency Swiss 21Shares, berencana untuk mengenakan biaya sebesar 0,80% pada ETF Bitcoin ARK 21Shares yang mereka usulkan. Apakah ini berarti investasi kamu akan lebih murah? Mari kita telusuri lebih lanjut!

Biaya ETF Bitcoin ARK 21Shares

etf bitcoin blackrock
Sumber: Cryptonews

Menurut pengajuan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), ARK Investment Management dan 21Shares berencana untuk mengenakan biaya sebesar 0,80% pada ETF Bitcoin yang mereka usulkan. Ini berarti jika kamu berinvestasi $100, kamu akan dikenakan biaya 80 sen. Meski tampak tinggi, biaya ini sebenarnya lebih rendah dibandingkan biaya yang dikenakan oleh beberapa ETF lainnya.

Misalnya, rata-rata biaya yang dikenakan pada ETF di AS saat ini adalah sekitar 0,54%. Namun, biaya yang diusulkan oleh ARK jauh lebih rendah dibandingkan biaya 2% yang saat ini dikenakan Grayscale pada trust bitcoin-nya.

Bahkan, biaya ini juga sedikit lebih rendah dibandingkan biaya yang dikenakan oleh beberapa penerbit ETF cryptocurrency yang terikat dengan kontrak futures. Sebagai contoh, ProShares Bitcoin Strategy ETF mengenakan biaya sebesar 0,95%.

Baca Juga: Prediksi Persetujuan ETF Bitcoin Spot Pertama oleh SEC, Bakal Terjadi pada Oktober – Maret 2024?

Persetujuan SEC dan Pertarungan Pasar

Sejak 2021, SEC telah menolak beberapa permohonan untuk menerbitkan ETF Bitcoin, dengan alasan bahwa pasar cryptocurrency rentan terhadap manipulasi. Namun, harapan bahwa regulator mungkin akan mengubah sikap mereka telah tumbuh dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Agustus, pengadilan federal memutuskan bahwa SEC salah menolak permohonan Grayscale Investments untuk mengubah Trust Bitcoin-nya menjadi ETF Bitcoin. Ketua SEC, Gary Gensler, mengatakan bulan lalu bahwa SEC sedang mengevaluasi sebanyak 10 proposal ETF Bitcoin.

Gensler tidak memberikan pendapat tentang waktu, tetapi dalam dua minggu terakhir, SEC telah menunda pengambilan keputusan tentang serangkaian ETF Bitcoin tersebut. Regulator harus memberikan keputusan final tentang ETF ARK 21Shares pada atau sebelum 10 Januari 2024.

Baca Juga: JPMorgan Memperkirakan ETF Bitcoin akan Disetujui pada Akhir Tahun 2023!

Pertarungan Pasar yang Sengit

Jika SEC menyetujui beberapa atau semua permohonan ETF Bitcoin yang sedang menunggu pada awal Januari, peserta industri dan analis memperkirakan akan ada pertarungan sengit untuk pangsa pasar. Dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan beberapa pesaingnya, ETF ARK 21Shares mungkin memiliki keunggulan dalam pertarungan ini.

Namun, masih banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi. Pastikan untuk melakukan penelitian yang mendalam dan memahami risiko sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam crypto.

Dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan beberapa pesaingnya, ETF Bitcoin ARK 21Shares mungkin menjadi pilihan menarik bagi investor. Namun, masih perlu diingat bahwa investasi dalam crypto selalu melibatkan risiko. Oleh karena itu, selalu lakukan penelitian yang mendalam sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: