Presiden Bolivia Menyeru De-Dollarisasi: Apakah Ini Awal Baru Ekonomi Latam?

Presiden Bolivia Menyeru De-Dollarisasi: Apakah Ini Awal Baru Ekonomi Latam?

Selamat datang di Latam Insights, kompendium berita ekonomi dan kripto paling relevan di Amerika Latin selama minggu terakhir.

Dalam edisi ini, kita akan membahas bagaimana Presiden Bolivia Luis Arce menyerukan de-dollarisasi di Southern Common Market Summit, Reserve menutup layanan fiat di Latam, dan Argentina menunda pembayaran sebesar $2,6 miliar ke IMF.

Presiden Bolivia Menyeru De-Dollarisasi dan Diversifikasi

Presiden Bolivia Luis Arce menyerukan de-dollarisasi dan diversifikasi hubungan ekonomi kawasan Latam.

Setelah mengakhiri partisipasinya di Southern Common Market Summit, Arce memperkuat pentingnya proses de-dollarisasi Latam dengan mengatakan:

Baca Juga: IMF Mendesak Regulasi Crypto, Tapi Bukan Pelarangan Total: Kenapa?

“Kawasan kita sangat dipengaruhi oleh pembatasan yang diberlakukan oleh sistem finansial utara, yang membatasi opsi pembiayaan, membuatnya perlu untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS dan diversifikasi hubungan ekonomi kita.”

Arce juga menyebut China dan BRICS sebagai partner potensial untuk membantu diversifikasi ini.

Reserve Menghentikan Layanan Fiat di Enam Negara

Reserve, sebuah platform pertukaran cryptocurrency, mengumumkan penutupan layanan berbasis fiat di enam negara: Argentina, Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, dan Panama.

Baca Juga: Ketua Pelaksana IMF Lebih Setuju Untuk Meregulasi Crypto Daripada Melarangnya?

Gabriel Jimenez, CEO Rpay dan mantan pengembang Petro, menjelaskan bahwa likuiditas dalam mata uang fiat akan tersedia hingga 3 Agustus.

Argentina Menunda Pembayaran $2,6 Miliar ke IMF

imf adalah
Unsplash

Pemerintah Argentina mengumumkan penundaan dua pembayaran ke International Monetary Fund (IMF) hingga akhir Juli 2023.

Pemerintah menunda pembayaran ini—yang mencapai 2,6 miliar—karena masih dalam pembicaraan untuk mempercepat pencairan sebagian pinjaman IMF ke negara tersebut.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: