Argentina Lunasi Utang IMF dengan Yuan China & CBDC Brasil Siap Rilis 2024! Apa Artinya untuk Crypto?

Argentina Lunasi Utang IMF dengan Yuan China & CBDC Brasil Siap Rilis 2024! Apa Artinya untuk Crypto?

Baru-baru ini Argentina dikabarkan telah melunasi sebagian dari utangnya sebesar $44 miliar kepada International Monetary Fund (IMF) dengan yuan China.

Selain itu disebutkan pula bahwa Bank Sentral Brasil bahwa Central Bank Digital Currency (CBDC) Brasil akan tersedia pada 2024. Apa artinya bagi crypto?

Argentina Melunasi Sebagian Pembayaran IMF dengan Yuan China

Argentina terus memperkenalkan yuan China sebagai bagian dari ekonomi nasional dan internasionalnya.

Selain diadopsi sebagai mata uang yang diakui untuk membuka rekening bank akibat keterbatasan pasokan dolar AS di ekonomi, negara ini kini menggunakan yuan untuk melunasi utang dengan lembaga internasional.

Menurut agensi berita negara Telam, Bank Sentral Argentina melunasi sebagian dari pembayaran sebesar $2,7 miliar kepada IMF menggunakan yuan China.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Sejumlah $1,7 miliar dibayarkan menggunakan Special Drawing Rights (SDRs), aset cadangan internasional yang dibuat oleh IMF, dan $1 miliar dibayarkan menggunakan sebagian dari swap line yang disediakan oleh pemerintah China.

Dengan bantuan China, Argentina memenuhi kewajibannya kepada IMF tanpa menyentuh cadangan dolar AS yang semakin menipis.

Pejabat pemerintah Argentina akan melakukan perjalanan ke Washington untuk bernegosiasi tentang perjanjian untuk mereprogram pembayaran sisa dari $44 miliar yang masih terhutang oleh Argentina kepada organisasi tersebut.

Mata Uang Digital Bank Sentral Brasil Siap Diluncurkan pada 2023

crypto brasil
Sumber: Forbes India

Sementara mata uang digital Brasil sekarang memasuki tahap uji coba baru, para ahli mulai berspekulasi tentang kapan mata uang tersebut akan diluncurkan untuk khalayak umum.

Di acara Fetraban Tech, sebuah acara fintech, 2 ahli berbeda memberikan prediksi mereka tentang jadwal peluncuran mata uang digital bank sentral (CBDC) Brasil.

Baca Juga: Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Larissa Moreira, koordinator CBDC Itau Unibanco, menyatakan bahwa spesifikasi dari real digital bisa ditentukan pada bulan Februari 2023 karena timnya saat ini sedang mempelajari bagaimana arsitekturnya dapat dikonfigurasi untuk mematuhi regulasi perlindungan privasi dan data yang ada.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: