ETF Bitcoin: Bakal Ada Berita Besar dari SEC pada 2 November 2023?

ETF Bitcoin: Bakal Ada Berita Besar dari SEC pada 2 November 2023?

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) berencana untuk menggelar rapat tertutup pada 2 November 2023, yang berpotensi menghasilkan berita penting bagi industri crypto. Rapat tersebut akan membicarakan berbagai isu penting, termasuk usulan ETF Bitcoin oleh Grayscale. Apakah ini merupakan indikasi positif untuk masa depan ETF Bitcoin? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rapat Utama SEC

rapat utama sec
Sumber: Akun X Scott Johnson

SEC telah merencanakan rapat internal yang melibatkan pejabat senior, termasuk Komisaris, pakar hukum, dan sekretaris pencatat. Agenda rapat mencakup isu-isu penting seperti klaim penyelesaian, proses administratif, penyelesaian litigasi, dan masalah yang berkaitan dengan inspeksi dan proses penegakan hukum. Ini menunjukkan dedikasi SEC dalam meninjau proposal ETF Bitcoin oleh Grayscale secara komprehensif.

Rapat ini dihasilkan dari putusan pengadilan penting pada akhir Agustus, yang mendukung konversi Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi Bitcoin ETF. Setelah batas waktu 13 Oktober berlalu, sekarang telah ditentukan jadwal yang pasti untuk proses persetujuan yang berpotensi menjadi ETF Bitcoin pertama di AS.

Baca Juga: Perjalanan Bitcoin Selama 15 Tahun: Dari Konsep Whitepaper Hingga Revolusi Dunia Keuangan!

Spekulasi dan Harapan

Scott Johnsson, seorang pengacara terkenal, menunjukkan kemungkinan petunjuk bahwa SEC mungkin menyetujui Bitcoin ETF pada 2 November 2023. Spekulasi ini muncul dari fakta bahwa SEC belum menolak putusan pengadilan yang mendukung konversi GBTC menjadi Bitcoin ETF.

Johnsson menyoroti pentingnya rapat tertutup yang dijadwalkan pada 2 November 2023, meskipun informasi tersebut masih belum pasti. Perkembangan ini berpotensi memiliki dampak besar pada pasar crypto.

Baca Juga: Langkah Cerdas Valkyrie Funds dalam Meningkatkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin!

Pandangan yang Beragam

Pengamat pasar sedang memperhatikan situasi ini dengan seksama, dengan beberapa berharap bahwa SEC mungkin secara kolektif menyetujui aplikasi ETF yang ada. Aplikasi Grayscale, yang didukung oleh putusan pengadilan yang menguntungkan, menonjol dalam hal waktu dan sikap regulasi.

Mike Novogratz, CEO Galaxy Digital, optimis dan memprediksi bahwa Bitcoin ETF dapat mendapatkan persetujuan SEC tahun ini. Namun, beberapa orang, seperti Dave Nadig, khawatir bahwa Ketua SEC Gary Gensler bisa secara tak terduga mengubah pendiriannya, langkah yang digambarkan sebagai “Gensler semi-comedic rug-pull.” Analis ETF Bloomberg juga melihat pembalikan seperti itu sebagai “amazingly sadistic.”

Meskipun ada ancaman perubahan mendadak dalam arah regulasi, saat ini Bitcoin diperdagangkan pada $34.314. Ketidakpastian lingkungan regulasi terus menjadi kekhawatiran bagi pasar crypto. Apa prediksi kamu untuk masa depan Bitcoin ETF?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: