Belgia Siap Guncang Dunia dengan Proyek Blockchain Baru!

author:

Belgia Siap Guncang Dunia dengan Proyek Blockchain Baru!

Belgia, negara kecil di Eropa, siap mengguncang dunia dengan proyek blockchain terbarunya. Pemerintah Belgia berencana mempercepat pengembangan infrastruktur blockchain Eropa selama masa jabatannya sebagai presiden Dewan Uni Eropa pada awal 2024.

Mengubah EBSI Menjadi Europeum

Belgia berencana untuk memperbarui Proyek Infrastruktur Layanan Blockchain Eropa (EBSI) yang didirikan oleh Komisi Eropa pada tahun 2018. Proyek ini akan diberi nama baru, Europeum, dan akan digunakan untuk tugas administrasi publik, seperti verifikasi surat izin mengemudi dan dokumen lainnya di seluruh Uni Eropa.

Baca juga: Stablecoin Dolar Selandia Baru “NZDD” Meluncur, Inovasi Baru di Dunia Crypto!

Menurut Mathieu Michel, Sekretaris Negara Belgia untuk Digitalisasi, proyek ini juga dapat mendukung infrastruktur euro digital. Michel menekankan pentingnya menggunakan blockchain publik yang dikembangkan oleh negara-negara anggota Uni Eropa, bukan alternatif swasta.

Lebih lanjut, Michel berpendapat bahwa blockchain dapat memberikan kontrol kembali kepada warga atas data yang menjadi hak mereka. Ini tidak mungkin dilakukan pada blockchain swasta, yang biasanya melibatkan server di luar Uni Eropa dan seringkali didasarkan pada prinsip transparansi data.

Negara-Negara yang Telah Bergabung

Beberapa negara Uni Eropa, termasuk Italia, Kroasia, Polandia, Portugal, Slovenia, Luksemburg, dan Rumania, telah menandatangani rencana Europeum. Kantor pusat proyek ini akan berada di Belgia, menandai langkah penting dalam kepemimpinan Belgia dalam inovasi digital di Uni Eropa.

Proses konsolidasi regulasi di sektor crypto dan blockchain bergerak dengan mantap. Pada awal November 2023 lalu, 47 pemerintah nasional mengeluarkan janji bersama untuk “secara cepat mentransposisikan” Kerangka Pelaporan Aset Crypto (CARF) – standar internasional baru tentang pertukaran informasi otomatis antara otoritas pajak – ke dalam sistem hukum domestik mereka. Simak selengkapnya di 47 Negara Bersatu Mengadopsi Kerangka Pelaporan Aset Crypto untuk Transparansi Pajak Global.

Belgia dan Masa Depan Digital

aset digital belgia
Sumber: CryptoSlate

Belgia berencana untuk fokus pada proyek baru yang akan dibawanya ke meja selama masa jabatannya sebagai presiden Dewan Uni Eropa. Selain Europeum, Belgia juga berencana untuk menciptakan ‘Badan Algoritma Eropa’, untuk memastikan Uni Eropa memanfaatkan manfaat AI sambil mengelola risikonya.

Michel percaya bahwa banyak keterampilan relevan ada, tetapi tidak diakui. Belgia akan mendorong sistem untuk mensertifikasi keterampilan yang diajarkan sendiri, seperti mereka yang telah belajar C++ dengan menonton YouTube.

“Berfikir inovasi hanya membutuhkan diploma adalah kesalahan,” kata Michel.

Melalui proyek blockchain baru ini, Belgia berharap dapat membawa perubahan besar dalam dunia digital. Dengan fokus pada pengembangan infrastruktur blockchain Eropa, Belgia berencana untuk memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam administrasi publik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: