Belarus Luncurkan Platform Rubel Digital Berbasis Hyperledger Fabric!

author:

Belarus Luncurkan Platform Rubel Digital Berbasis Hyperledger Fabric!

Belarus semakin dekat dengan peluncuran mata uang digital bank sentral (CBDC) mereka, Rubel Digital Belarusia, dengan platform baru yang dibangun di atas jaringan blockchain Hyperledger Fabric terbuka.

Langkah ini menandai babak baru dalam evolusi teknologi keuangan di negara tersebut, menjanjikan peningkatan signifikan dalam transaksi lintas batas dan peer-to-peer.

Peningkatan Infrastruktur Keuangan Digital

cbdc belarus
Sumber: Crypto News

Bank Nasional Belarus dan Pusat Teknologi Perbankan telah memulai pengembangan platform untuk Rubel Digital pada bulan ini, menandai langkah penting dalam rencana digitalisasi mata uang negara.

Baca juga: Uang Digital Dirham Meluncur, Bagaimana Potensi Masa Depannya?

Bank tersebut juga sedang merekrut karyawan baru untuk memimpin proyek ini, dengan “programmer” yang akan bertugas mengembangkan inti dari platform.

Perekrutan ini juga bertujuan untuk mengembangkan berbagai layanan keuangan baru untuk CBDC, menjanjikan peningkatan dalam layanan keuangan digital di Belarus.

Pertemuan dewan pengurus bank sentral baru-baru ini menekankan pentingnya proyek Rubel Digital Belarusia sebagai salah satu area pengembangan terpenting di sektor pembayaran.

Rubel Digital: Menuju De-Dolarisasi

Bank Nasional menyatakan bahwa Rubel Digital akan beroperasi di ruang pembayaran internasional sebagai bagian dari upaya Minsk untuk de-dolarisasi.

Pejabat senior Bank Nasional Belarus telah menyatakan bahwa teknologi yang mendasari Rubel Digital akan sangat menarik di ruang pembayaran lintas batas.

Seperti Moskow dan Astana, Minsk meningkatkan rencana CBDC mereka pada pertengahan tahun 2023, berbicara tentang keinginan mereka untuk menciptakan “eksperimen” CBDC. Bank tersebut menyatakan bahwa “kelompok peserta yang sempit” termasuk bank komersial dan “individu” akan menjadi yang pertama bertransaksi dengan koin tersebut.

Baca juga: Jepang Dikabarkan Siap Luncurkan Mata Uang Digital Yen pada Musim Semi 2024!

CBDC dan Sanksi Internasional

Media melaporkan bahwa Rusia dan Belarus berpikir bahwa CBDC akan memungkinkan mereka berdagang dengan mitra internasional meskipun ada sanksi Barat.

Laporan tersebut menulis bahwa dipercayai CBDC akan memungkinkan negara-negara untuk membangun aliran keuangan antar negara yang dapat terus berfungsi bahkan di bawah rezim sanksi.

Popularitas mata uang kripto yang meningkat, yang “tidak dapat dikontrol oleh negara,” adalah faktor lain yang berkontribusi. Beberapa bank sentral lain telah menandakan niat untuk meluncurkan CBDC yang didukung oleh Hyperledger, termasuk Bank Sentral Rusia yang sebelumnya telah mencoba merekrut ahli yang mahir dalam Hyperledger Fabric.

Langkah Belarus menuju peluncuran Rubel Digital berbasis Hyperledger Fabric menandai era baru dalam inovasi keuangan digital, menjanjikan peningkatan dalam transaksi lintas batas dan peer-to-peer serta memberikan solusi bagi negara untuk beroperasi di bawah sanksi internasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: