Dompet Crypto Baru ‘Beam’ Hadir dengan Login Twitter, Gimana Cara Kerjanya?

author:

Dompet Crypto Baru ‘Beam’ Hadir dengan Login Twitter, Gimana Cara Kerjanya?

Dompet baru yang diluncurkan di Optimism, bernama ‘Beam’, memungkinkan pengguna untuk membuat alamat tanpa harus menyimpan kata-kata seed, dan akun tersebut dapat disimpan menggunakan login Twitter biasa. Lebih lanjut, Beam berjalan di jendela browser dan tidak memerlukan unduhan, menurut pengumuman pada 27 Juli 2023 dari pengembangnya.

Beam: Dompet Crypto yang Lebih Mudah dan Praktis

Sumber: Twitter

Pada 27 Juli 2023 kemarin, sebuah cuitan Twitter oleh akun Andy Bromberg, CEO dari Eco, mengumumkan peluncuran Beam, dompet pembayaran mandiri pertama yang dibuat untuk arus utama.

Baca juga: Dompet Ringan Cardano (ADA), Eternl, Siap Meluncurkan Pembaruan Besar!

Beam dikembangkan oleh Eco, sebuah perusahaan pembayaran yang didukung oleh perusahaan modal ventura Web3 seperti Andreessen Horowitz, Coinbase Ventures, Founders Fund, Lightspeed Venture Partners, dan Pantera Capital. Dompet ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi crypto

Untuk membuat dompet Beam, pengguna cukup mengunjungi situs web aplikasi, yang akan menghasilkan kode QR unik yang mewakili alamat Optimism. Setelah itu, pengguna dapat menampilkan kode QR mereka kepada seseorang yang ingin mengirimkan crypto kepada mereka.

Lebih lanjut, untuk mencadangkan dompet mereka, pengguna harus mengklik “save access” dan masuk ke Twitter melalui interface pemrograman aplikasinya. Mereka kemudian mengklik “save access” untuk kedua kalinya dan diminta untuk membuat kata sandi baru.

Setelah mengirimkan kata sandi, cadangan akun selesai, dan pengguna kemudian dapat memulihkan akun mereka dengan login dan kata sandi Twitter mereka jika perangkat mereka pernah rusak.

Transaksi Crypto Tanpa Biaya Gas

beam wallet
Sumber: ProductHunt

Meskipun koin asli Optimism adalah Ether, Beam tidak mengharuskan pengguna untuk memiliki ETH untuk membayar biaya gas. Sebaliknya, biaya gas dapat dibayar dengan koin yang digunakan dalam transfer. Misalnya, pengguna dapat mengirim $100 dalam USD Coin (USDC) dengan biaya $0.50 dalam USDC.

Untuk membuat ini menjadi mungkin, dompet mengirimkan dua transaksi terpisah. Transaksi pertama adalah yang diminta oleh pengguna, sedangkan transaksi kedua adalah janji untuk membayar akun “paymaster” pihak ketiga jika paymaster setuju untuk membayar gas atas nama pengguna.

Menurut CEO Eco App dan Beam, Andy Bromberg, menggunakan paymasters baru menjadi mungkin sejak abstraksi akun diimplementasikan pada Maret, yang memungkinkan akun dompet yang dikendalikan pengguna untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi untuk pertama kalinya.

Baca juga: Kabar Gembira! Cold Wallet Edisi Terbatas Shiba Inu Siap Meluncur Minggu Depan

Beam dan Masa Depan Dompet Crypto

Beam juga akan dirilis untuk jaringan Base dari Coinbase ketika jaringan tersebut resmi diluncurkan pada Agustus 2023. Setelah Base resmi diluncurkan, saldo pengguna di Base dan Optimism akan ditambahkan bersama dan ditampilkan sebagai total dalam aplikasi Beam.

Ketika pelanggan memulai transaksi, bagian Base dan Optimism dari transaksi akan disiarkan secara bersamaan di setiap jaringan, membuatnya tampak bagi pengguna seolah-olah mereka berinteraksi di satu jaringan.

Bromberg percaya bahwa Beam akan mengurangi pengalaman pengguna yang buruk dengan dompet kripto dan memungkinkan orang biasa untuk mengadopsi teknologi ini.

“Kami telah mengabstraksi rantai, alamat, biaya — semuanya — untuk membuatnya sehingga orang biasa dapat menggunakannya,” kata Bromberg.

Pada akhirnya, dengan peluncuran Beam, Eco dan para pendukungnya berharap untuk memperluas adopsi crypto ke pengguna mainstream. Dengan memudahkan proses pengiriman dan penerimaan crypto, Beam mungkin menjadi langkah penting dalam mendorong adopsi crypto oleh masyarakat luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: